Rabu, 21 November 2018

Temu Ilmiah Perbatasan Tahun 2012

Written by  Admin Published in Penjaminan Mutu Minggu, 21 April 2013 00:00
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - Pelaksanaan Kegiatan Temu Ilmiah Kepala Sekolah dan Guru Daerah Perbatasan ini memasuki tahun ke-3 yang telah dimulai sejak tahun 2010 sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara LPMP Provinsi Kalimantan Barat dengan Jabatan Pelajaran Sarawak. Untuk tahun 2012 ini pesertanya adalah dari jenjang Sekolah Dasar.

Kegiatan Temu Ilmiah ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal   18  s.d. 21 Oktober 2012 yang dilaksanakan di Hotel Gajahmada Pontianak.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan Temu Ilmiah ini adalah :

Meningkatkan kerjasama dan hubungan yang baik antara kedua belah negara khususnya antara Kepala Sekolah dan Guru di sekolah pada daerah perbatasan Kalimantan Barat, Indonesia dengan Sarawak – Malaysia.
Merupakan wadah saling berbagi pengalaman (Best Practices) dalam bidang pendidikan terutama dalam hal pengelolaan pendidikan, model pembelajaran, media pembelajaran dan lain sebagainya yang selanjutnya dapat diadopsi dan diadaptasi bagi masing-masing negara.
Mengembangkan profesionalisme Kepala Sekolah dan Guru yang ada di kedua belah negara sehingga dapat dikembangkan oleh di setiap sekolah dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas


Kegiatan ini terdiri dari dua rangkaian utama, yakni berbagi pengalaman Best Practices Pengelolaan Sekolah dan Pembelajaran dalam bentuk presentasi dari masing-masing Negara, kegiatan lainnya adalah melakukan kunjungan ke SDN 36 Pontianak Kota dan SDN 20 Pontianak Selatan.

Sasaran dari pelaksanaan Temu Ilmiah Kepala Sekolah dan Guru Daerah Perbatasan ini adalah Kepala Sekolah dan Guru yang ada di Provinsi Kalimantan Barat dan Sarawak Malaysia dengan jumlah peserta seluruhnya 50 orang dengan rincian 25 orang dari Provinsi Kalimantan Barat , Indonesia dan 25 orang dari Sarawak, Malaysia. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala LPMP Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Kepala LPMP Riau, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Dari keseluruhan rangkaian kegiatan ini diharapkan peserta mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang  Pengelolaan Kurikulum dan  Pengelolaan Pembelajaran melaui upaya saling berbagi pengalaman diantara kedua belah pihak, yang selanjutnya hasilnya dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya di lembaga masing-masing

Read 1387 times Last modified on Sabtu, 04 Mei 2013 14:02