Rabu, 19 Desember 2018

Terapkan Pendidikan Karakter, Mendikbud Minta Sekolah Harus Berubah

Written by  Admin Published in Warta Pendidikan Minggu, 31 Desember 2017 22:27
Rate this item
(0 votes)

Singkawang - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan, pendidikan karakter diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan.

Penguatan pendidikan karakter ini adalah amanah dari janji presiden dan wakil presiden yang tertuang di dalam program aksi Jokowi JK, kemudian diterjemahkan lebih lanjut sebagai bagian dari nawacita. Pendidikan karakter diterapkan pada jenjang dasar SD dan SMP. Materi jenjang waktu yakni 70 persen pendidikan karakter dan 30 persen pengetahuan.

"Berarti sekolah SD dan SMP harus berubah. Harus ada restorasi pendidikan," katanya dalam kegiatan seminar pendidikan dalam rangka HUT PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2017 di Kantor Wali Kota Singkawang, Jalan Firdaus, Kamis (28/12/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bila di sekolah SD dan SMP masih padat dengan memberi pengetahun pada peserta didik, itu tidak zamannya lagi. Ia menilai di SD dan SMP harus berisi penguatan karakter pada siswa. Hal ini karena pendidikan karakter adalah pondasi dari pendidikan lebih lanjut.

"Kalau pondasinya kokoh apapun di atasnya dibangun itu pasti kokoh juga," tegasnya. Khusus tingkat SMA dan SMK juga sama diterapkan, tetapi penyiapan untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

 

Sumber : http://pontianak.tribunnews.com

Read 238 times Last modified on Minggu, 31 Desember 2017 22:58