Tuesday, 07 July 2020 06:45

Penyusunan Program Kerja Sekolah Binaan secara daring

Written by rtd
Rate this item
(0 votes)

Pontianak  - Pada tanggal 6, 8 dan 9 Juli 2020, LPMP Kalimantan Barat melaksanakan Kegiatan Penyusunan Program Kerja Sekolah Binaan secara daring menggunakan Zoom Meeting. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tahap awal pelaksanaan program sekolah binaan yang merupakan program berkelanjutan yang telah dilaksanakan oleh LPMP Kalimantan Barat sejak tahun 2016 hingga tahun 2020. Sasaran sekolah binaan pada tahun 2020 sejumlah 280 sekolah yang terdiri dari 154 SD, 98 SMP, dan 28 SMA.

Kegiatan Penyusunan Program Sekolah Binaan dibuka pada tanggal 6 Juli 2020 oleh Kepala LPMP Kalimantan Barat, Bapak Asep Sukmayadi, S.Ip, M.Si yang menjelaskan Strategi Program Pelaksanaan Penjaminan Mutu pada masa covid 19 yang akan dilaksanakan LPMP Kalimantan Barat, dengan mengadaptasi perkembangan baru dan target kinerja LPMP Kalimantan Barat yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) LPMP Kalimantan Barat, mengacu pada Renstra Kemdikbud 2020-2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari unsur Pengawas Sekolah, Widyaiswara, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dan Fungsional lainnya di LPMP Kalimantan Barat. Kegiatan dipandu oleh narasumber yang berkompeten yaitu Kepala Seksi FPMP, Ibu Suprapti, M.Pd, Widyaiswara LPMP Ibu Etty Lestari, M.Pd dan Bapak Mujahir, MPd.

Program Sekolah Binaan tahun 2020 difokuskan pada penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam pengelolaan pembelajaran jarak jauh. Pembinaan akan dilakukan melalui pendampingan secara daring terkait dengan teknis-teknis pengelolaan pembelajaran jarak jauh. Langkah awal dalam keseluruhan pembinaan tersebut dilakukan dengan perumusan petunjuk teknis pengelolaan program, penyusunan bahan ajar dan penyusunan program kerja sekolah binaan. Dengan tersusunnya bahan ajar diharapkan agar semua pihak lebih memahami kedalaman dan ruang lingkup pembinaan sekolah binaan sehingga setiap tahapan pengembangan dapat dilakukan secara optimal.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Penyusunan Program Kerja Sekolah Binaan ini adalah :

  1. Tersusunnya panduan pengembangan program kerja dan strategi pendampingan sekolah binaan.
  2. Tersusunnya Skenario dan bahan Pendampingan Penyusunan Program Sekolah Binaan (RAKS yang terkait dengan Pengelolaan sekolah dan pembelajaran Jarak Jauh)
  3. Tersusunnya Bahan Ajar pendampingan sekolah binaan dalam Menyusun RPP Pembelajaran Jarak Jauh
  4. Tersusunnya Bahan Ajar Pengelolaan Penilaian pembelajaran Jarak Jauh

Dokumentasi

Read 673 times Last modified on Tuesday, 07 July 2020 06:59