Selasa, 04 Jun 2013 09:08

OSN SD/MI Akan Digelar di Bandung, 6 Juni 2013

Written by
Rate this item
(0 votes)

Jakarta - Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (OSN SD/MI) akan dibuka 6 Juni 2013, di Bandung, Jawa Barat. Kompetisi yang mengusung dua bidang lomba ini, yaitu matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mengambil tema, “Cerdas, Terampil, Kreatif Dan Kompetitif Untuk Meraih Prestasi Terbaik”.

Peserta olimpiade adalah peserta didik SD/MI baik Negeri maupun Swasta, yang pada bulan Mei 2013, duduk di kelas IV atau V dan memiliki nilai rata-rata rapor untuk bidang Matematika dan IPA minimal 7,5 sejak kelas III. Pesertamerupakan peserta terbaik hasil seleksi tingkat provinsi sesuai Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Nomor 810/C2/LL/2013, Tanggal 24 April 2013. 

Secara umum Olimpiade Sains Nasional tingkat SD/MI tahun 2013 bertujuan meningkatkan mutu pendidikan Matematika dan IPA di SD/MI secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas.

Secara khusus, ada dua tujuan Olimpiade Sains Nasional Tingkat SD/MI tahun 2012. Pertama, adalah untuk menyediakan wahana bagi siswa SD/MI untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga dapat berkreasi serta melakukan  sesuai kemampuannya. Kedua, untuk memotivasi siswa SD/MI agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berpikir nalar.

Tim juri untuk masing-masing bidang yang dilombakan terdiri dari tenaga akademik perguruan tinggi dan/atau tenaga ahli lain di bidang Matematika/IPA yang ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, dan bersifat independen.

Masing-masing bidang disediakan 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu, dan piagam penghargaan untuk juara harapan. Seluruh peraih medali akan mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan. (AR)

 

Read 3439 times Last modified on Selasa, 04 Jun 2013 12:06