Sabtu, 08 Jun 2013 11:27

Hari ke-2 OSN SD/MI, Peserta Hadapi Ujian Tertulis

Written by
Rate this item
(0 votes)

Bandung - Sejak pukul 07.30 WIB, 198 siswa peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI mulai mengerjakan ujian tertulis pertama. Selama ujian berlangsung siswa diawasi oleh para juri, sedang pembina dan orang tua diperkenankan menunggu di luar ruang ujian. Ujian berlangsung selama 90 menit untuk setiap sesinya. Setelah istirahat 30 menit, para peserta harus mengerjakan soal ujian tertulis kedua hingga pukul 11.00 WIB.

Selama 30 menit istirahat para peserta dikeluarkan dari ruang ujian, untuk sekedar bercengkrama dengan teman-temannya dan membahas beberapa soal yang baru saja mereka kerjakan. Wajah ceria masih terlihat di wajah mereka meski satu jam kompetisi pertama telah dilewati.

Setelah istirahat di luar ruangan, mereka dibawa masuk ke ruang ujian untuk menikmati kudapan sementara bersiap melanjutkan ke tes tertulis kedua. Peserta OSN bidang matematika dapat giliran istirahat pertama kali. Setelah mereka bergerak memasuki ruang ujian kembali, peserta OSN IPA baru mulai keluar ruangan.

Siswa mengerjakan 30 soal pilihan ganda dan 20 soal isian. Alifka Fajri Utama dan Aiken Jethro, 2 siswa dari Sumatera Barat mengaku mereka bisa mengerjakan soal-soal tersebut. "Hanya satu (soal) yang tidak terisi," katanya Alif.

Sebelum mengerjakan soal, semua peserta diajak untuk olahraga ringan di bangku masing-masing. Tujuannya untuk merilekskan badan mereka sebelum mengerjakan soal. Setelah itu peserta diajak untuk memeriksa lembar soal dan lembar jawaban dipandu oleh juri di depan ruangan. Juri yang lain berjalan di selah-selah bangku siswa untuk memastikan siswa mengerti instruksi yang disampaikan juri di depan.

Sumber : http://kemdikbud.go.id

Read 2155 times Last modified on Sabtu, 08 Jun 2013 22:36