Selasa, 25 Jun 2013 08:44

Jurusan Seni dan Budaya Indonesia Diminati di Pameran Pendidikan China

Written by
Rate this item
(0 votes)

Shicuan – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing berpartisipasi dalam pameran pendidikan yang dilakukan di  Exhibition Hall Sichuan Science and Technology Museum, pada tanggal 18-19 Juni 2013. Pameran pendidikan ini bertema “2013 China International Education Exhibition, College Entrance Admission Services”.

Dalam dua hari pelaksanaan seminar yang dihadiri lebih kurang 10.000 pengunjung, booth KBRI memperoleh kunjungan sekitar 700 siswa siswi SMA dan orang tuanya yang sedang mencari universitas untuk melanjutkan studi ke jenjang S-1, dan beberapa  dosen yang ingin melanjutkan studi ke S3. "Rata-rata yang menjadi pusat perhatian adalah jurusan seni dan budaya Indonesia, Hubungan Internasional, Tata busana, Kepariwisataan serta Bahasa Indonesia," kata Atase Pendidikan KBRI di Beijing, Chairun Anwar, (18/6).

Peserta pameran terdiri dari Cultural and Education Section British Consulate General UK, Macau SAR, Consulate General of USA, Consulate General of Thailand, Consulate General of Singapore, Consulate General France, Consulate General of Pakistan, Consulate General of Korea, Consulate General of Germany, Embassy of Russia, dan 76 Perguruan tinggi dari Eropa dan Amerika.

Dalam pameran tersebut, Chairun Anwar memaparkan makalah pada sesi seminar pendidikan dengan tema “Pursuing Higher Degree in Indonesia, Turning Challenges Into Opportunity. Dalam paparannya Ia menyebutkan, Indonesia memiliki universitas dengan predikat World Class University, serta diakui dunia dalam pelayanan pendidikan tinggi seperti ITB, UI dan UGM.

Selain ketiga universitas tersebut, ada puluhan universitas baik swasta maupun negeri yang memiliki reputasi dunia dan diakui berbagai negara akan mutu dan kualitas lulusannya. “Melirik Indonesia sebagai tujuan belajar adalah sebuah tantangan, karena Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi sekitar 6,2 persen menawarkan kesempatan investasi dan lapangan kerja yang menarik bagi para pencari kerja lintas negara,” katanya.

Chairun juga menyampaikan penawaran beasiswa KNB untuk program Magister untuk semua jurusan dan bidang keahlian yang bisa dilamar setiap tahunnya, serta beasiswa Darmasiswa untuk program 1 tahun atau 6 bulan belajar Bahasa dan budaya Indonesia. (AR/CA)

Read 1962 times