Rabu, 30 Oktober 2013 09:08

ALCom (APEC Learning Community)

Written by Admin
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - ALCom (APEC Learning Community) Merupakan komunitas pemerhati pendidikan (educational stakeholders) di wilayah APEC yang memperhatikan pengembangan SDM dan peningkatan kemampuan untuk menghasikan keterampilan, yang dilakukan melalui saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, baik secara online maupun offline.

 

Sejarah ALCoB berawal dari inisiatif Korea Selatan pada tahun 2000 yang peduli karena adanya kesenjangan digital (digital divide) di bidang pendidikan antara negara maju dan sedang berkembang di wilayah Asia Pasifik. Selain itu, adanya tuntutan masyarakat bahwa pengetahuan merupakan dasar bagi kemakmuran dan kesejahteraan serta perlunya berbagi kemakmuran di wilayah APEC dengan dasar saling pengertian dan kerja sama.

Dasar dibentuknya ALCom sebagai Learning Community di Lingkup APEC adalah :

 

  1. Adanya gap pengetahuan di antara negara anggota APEC, sehingga menjadi hambatan untuk berbagi kemakmuran bagi negara-negara di wilayah APEC.
  2. Tuntutan masyarakat yang berbasis pengetahuan. Pengetahuan merupakan dasar kemakmuran dan kesejahteraan.
  3. Perlunya berbagi kemakmuran di wilayah APEC, dengan dasar saling pengertian dan kerjasama.

Atas dasar cita-cita tersebut, beberapa pemerhati pendidikan di wilayah APEC melahirkan APEC Learning Community (ALCom) dengan tujuan :

  • Mewujudkan visi, cita-cita dan harapan APEC
  • Membangun saling pengertian terhadap perbedaan & budaya
  • Mengakumulasikan kapasitas pengetahuan dan belajar melalui kerjasama
  • Memperhatikan dan membantu memecahkan permasalahan-permasalahan global
  • Memberikan kontribusi kepada perdamaian & kemakmuran bagi APEC sebagai anggota warga dunia melalui berbagai aktivitas di bidang pendidikan & dilakukan secara sukarela.


ALCom merupakan penggabunggan dua proyek Korea Selatan yaitu; APEC Cyber Education Network (ACEN) yang menjadi payung ALCoB dan ACEN Webzine and International Internet Volunteer (IIV). Proyek ini berlangsung pada tahun 2001 hingga 2002 dengan proyek perintis di Cina, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Dalam perkembangannnya ACEN dirasa kurang efektif, maka muncullah APEC Learning Community Builders (ALCoB) yang mulai disosialisasikan oleh Korea Selatan pada tahun 2003 di empat negara tersebut di atas. Hingga saat ini ALCoB telah berkembang di sepuluh negara di wilayah APEC yaitu Brunei Darussalam, Cina, Malaysia, Mexico, Peru, Filipina, Republik Sakha, Chile, dan Thailand. Di antara beberapa negara tersebut, Indonesia  menjadi contoh bagi negara lainnya, karena dari awal disosialisasikannya ALCoB di Indonesia, melalui Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  terus dikembangkan setiap tahun ke beberapa propinsi di Indonesia. Hingga tahun 2001 ALCoB telah berkembang di 26 Propinsi, dan pada tahun 2012 akan dikembangkan di empat propinsi yaitu Gorontalo, Kalimantan Tengah, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Pada tahun 2013 diharapkan ALCoB dapat dikembangkan di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat, sehingga ALCoB sudah tersosialisasikan di seluruh propinsi di Indonesia.

Read 4439 times Last modified on Rabu, 30 Oktober 2013 09:20