Selasa, 12 November 2013 13:36

Cerita 1000 Potret: Transfer Pendidikan Karakter Ala TV Edukasi Kemdikbud

Written by Admin
Rate this item
(0 votes)

Jakarta - Wajah serius tampak dari sekumpulan siswa Sekolah Dasar, hingga Sekolah Menengah Atas yang duduk berbaris di Plaza Mandiri, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta. Sesekali, mereka sumringah menyaksikan setiap adegan, maupun dialog dari peluncuran Film Televisi (FTV), hari ini, senin (11/11).

 

Cerita 1000 Potret adalah judul FTV yang diluncurkan  tersebut. Mengusung tema pendidikan karakter, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kemdikbud mencoba untuk maksimalkan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam transfer pendidikan karakter, yakni melalui FTV Cerita 1000 Potret.

 

Kepala Pustekkom Ari Santoso mengungkapkan, masyarakat sangat meminati sinetron, dan film. Namun, kebanyakan sinetron dan film yang ada tidak memberikan pesan yang sarat akan pendidikan karakter. “Sehingga Pustekkom mulai 2012 memproduksi, harapannya dapat memberikan tontonan film yang mempunyai idealisme serta misi untuk mengembangkan karakter bangsa Indonesia,” jelas Kepala Pustekkom Ari Santoso saat peluncuran.

 

Adapun Ibas, 24 tahun, mahasiswa sarjana komunikasi sebuah perguruan tinggi di Jakarta, yang bekerja paruh waktu sebagai fotografer di sebuah majalah remaja yang terbit di Jakarta. Nilai-nilai pendidikan karakter ditunjukkan dari konfik antara Ibas dengan keluarga. Diantaranya, konflik akan tuntutan tanggung jawab dari ibu Ibas untuk menggantikan peran Ayah dalam mengelola peternakan. Demikian sekilas jalan cerita dari naskah karya Jujur Prananto ini. Film “Cerita 1000 Potret” dapat disaksikan melalui Televisi Edukasi dan streaming via website di alamat www.tve.kemdikbud.go.id mulai bulan Desember 2013.

 

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Ainun Na’im mengungkapkan atensi positif terhadap pemanfaatan TIK. Menurut dia,  investasi untuk TIK sudah banyak dilakukaan Kemdikbud dan diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal dan baik dalam rangka proses belajar mengajar serta untuk pembelajaran lebih efisien.

Selain peluncuran film, penayangan Video Pendukung Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum 2013, dan pembukaan pameran pendidikan pun turut dilaksanakan. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan  peringatan Anugerah KiHajar (Kita Harus belaJar), yang dilaksanakan tanggal 11-13 November 2013.

 

Sumber : http://kemdikbud.go.id

Read 3941 times Last modified on Selasa, 12 November 2013 13:45