Rabu, 19 Desember 2018

Inovasi Penggunaan Metode Ekspositori Dalam Pembelajaran Fisika

Written by  Admin Published in Publikasi Ilmiah Selasa, 21 April 2015 00:00
Rate this item
(0 votes)

Umumnya pembelajaran Fisika masih dilakukan dalam bentuk satu arah, guru lebih banyak ceramah dihadapan siswa sementara siswa mendengarkan. Guru beranggapan tugasnya hanya mentransfer pengetahuan yang dimiliki guru kepada siswa dengan target tersampaikannya topik-topik yang tertulis dalam dokumen kurikulum kepada siswa. Pada umumnya guru tidak memberi inspirasi kepada siswa untuk berkreasi dan tidak melatih siswa untuk hidup mandiri. Pelajaran yang disajikan guru kurang menantang siswa untuk berpikir. Akibatnya siswa tidak menyenangi pelajaran.

Dalam hal ini terlihat bahwa pendidik kurang melakukan inovasi pembelajaran yang dapat membangkitkan kualitas pembelajaran seperti yang dimaui para siswa pada dewasa ini.  Padahal penggunaan suatu model pembelajaran mempunyai pengaruh yang sangat berarti bagi siswa dalam proses pembelajaran. Kualitas pembelajaran fisika selain dipengaruhi model pembelajaran yang digunakan juga setting lingkungan belajar.

Metode Ekspositori merupakan salah satu metode yang sering digunakan dalam proses pembelajaran fisika, namun apakah metode ekspositori yang diterapkan saat ini sudah sesuai untuk pembelajaran fisika. Inovasi yang bagaimana seharusnya dalam menerapkan metode ekspositori dalam pembelajaran fisika. Untuk itu penulis mencoba mengulas dalam makalah ini tentang inovasi penggunaan metode ekspositori dalam pembelajaran fisika.

Hasilnya jika Inovasi metode ekspositori  mengikuti langkah-langkah berikut :

(a)    Pendahuluan (introduction), (b) Menyebutkan konsep (name of the concept), (c).Pemberian contoh-contoh (give examplary), (d). Pendefinisian konsep (define the concept), (e). Pengujian terhadap siswa (student testing), (f). Penguatan (extension), maka guru akan memperoleh hasil pembelajaran yang memuaskan.

 

Tulisan Lengkap :

Inovasi Penggunaan Metode Ekspositori Dalam Pembelajaran Fisika

 

Penulis :

Jeperis Nahampun, S. Si. M. Pd

Widyaiswara LPMP Provinsi Kalimantan Barat

 

 

 

Read 4068 times Last modified on Selasa, 30 Januari 2018 09:31