Rabu, 24 Oktober 2018

Strategi dan Peran Pendidik dalam Penanaman Sikap di Sekolah

Written by  Admin Published in Publikasi Ilmiah Senin, 04 Mei 2015 00:00
Rate this item
(0 votes)

Penanaman sikap adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai sikap kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan. Penanaman sikap dapat dimaknai sebagai ‘the deliberate use of all dimensions of school life to foster optimal character development’.
Strategi penanaman sikap dalam pembelajaran di sekolah dapat dilakukan melalui seluruh komponen pembelajaran. Penanaman sikap dapat dilakukan melalui tataran konseptual, institusional, operasional, dan arsitektural.
Peran pendidik dalam penanaman sikap di sekolah berkedudukan sebagai katalisator atau teladan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator. Peran pendidikan sebagai katalisator, maka pendidik merupakan faktor mutlak dalam penanaman sikap terhadap peserta didik yang efektif karena kedudukannya sebagai figur atau idola bagi peserta didiknya. Peran sebagai inspirator berarti seorang pendidik harus mampu membangkitkan semangat peserta didik untuk maju mengembangkan potensinya. Peran sebagai motivator mempunyai makna bahwa setiap pendidik harus mampu membangkitkan spirit, etos kerja dan potensi yang luar biasa pada diri peserta didik. Peran pendidik sebagai dinamisator, memiliki makna bahwa setiap pendidik harus memiliki kemampuan untuk mendorong peserta didik ke arah pencapaian tujuan dengan penuh kearifan, kesabaran, cerdas, dan menjunjung tinggi spiritualitas. Sedangkan peran pendidik sebagai evaluator, memiliki makna bahwa setiap pendidik dituntut untuk mampu mengevaluasi sikap dan perilaku diri dan metode yang dipakai dalam penanaman sikap terhadap peserta didik, sehingga dapat diketahui tingkat efektivitas, efisiensi, dan produktivitas program penanaman sikap yang telah disusunnya.

 

Tulisan Lengkap :

Strategi dan Peran Pendidik dalam Penanaman Sikap di Sekolah

 

Penulis :

Suprapti, M.Pd

Widyaiswara LPMP Provinsi Kalimantan Barat

 

Read 2938 times Last modified on Selasa, 30 Januari 2018 09:26