Jumat, 08 Januari 2016 00:00

Lantik 500-an Pejabat, Mendikbud Minta Pejabat Munculkan Terobosan

Written by
Rate this item
(0 votes)

Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) melantik sekitar 500 pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kemendikbud. Sebagian besar pejabat tersebut merupakan pejabat unit pelaksana teknis (UPT) di daerah-daerah. Dalam sambutannya Mendikbud meminta para pejabat dapat membuat terobosan di unit kerjanya masing-masing dan menjaga keharmonisan dalam organisasi.

“Saya ingin Bapak-Ibu sekalian membuat terobosan-terobosan. Jangan sekadar meneruskan yang biasa-biasa. Kita ingin melihat langkah-langkah baru yang Bapak-Ibu bisa lakukan,” ujar Mendikbud saat pelantikan pejabat di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Hampir seluruh pejabat yang dilantik adalah pejabat yang akan ditempatkan di UPT-UPT daerah. UPT tersebut antara lain Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS), Balai Bahasa, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), dan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB).

Setidaknya ada empat hal yang menjadi fokus pesan Mendikbud kepada para pejabat yang dilantik. Pertama, pejabat harus memiliki kompetensi dan kemauan untuk terus belajar. Kedua, harus bisa menjaga integritas. Ketiga, dapat menjaga kedekatan dengan yang dipimpin maupun rekan sesama pejabat, dan keempat, mengurangi kepentingan diri sendiri atau self interest.

“Saya ingin semua UPT kita memiliki standar yang tinggi, yaitu standar moral dan standar kinerja. Dengan kedua standar itu, insyaAllah semua akan bisa berjalan dengan baik,” tutur Mendikbud.

Ia juga berpesan agar para pejabat dapat menjaga keharmonisan dalam organisasi, serta dapat melibatkan masyarakat dalam mencapai tujuan organisasi. Pelibatan publik dalam rangka meningkatkan rasa kepemilikan masyarakat terhadap pentingnya pendidikan dan kebudayaan harus dikedepankan.
“Saya berharap akan mendengar prestasi-prestasi besar dari Bapak-Ibu sekalian di tempat Bapak-Ibu mengabdi,” kata Mendikbud.

Read 3511 times Last modified on Rabu, 13 Januari 2016 08:39