Minggu, 21 April 2013 22:31

Pendidikan Berbasis Media Sosial

Written by Admin
Rate this item
(1 Vote)

Jakarta - Ajang e-Indonesia Initiatives Forum, mengagas sebuah wadah bagi siswa untuk belajar bersama tanpa memandang jarak dan lokasi mereka berada dengan internet bernama GoeSmart. Tampilan yang mereka pakai dibuat mendekati dengan jejaring media sosial yang banyak dipakai saat ini yakni Facebook.

Hal itu dikemukakan Ketua e-Indonesia Initiatives Forum, Suhono Harso Supangkat, di Bandung, Selasa (24/4). GoeSmart bisa disebut sebagai sosial media yang mempertemukan penggunanya untuk belajar bersama. Di sana, ada wadah untuk berdiskusi antara siswa dengan guru, viewer untuk dokumen elektronik, hingga berbagi modul pelajaran. Dengan demikian, setiap siswa berkesempatan sama untuk mendapatkan materi pengajaran yang berkualitas.

"Setiap guru akan mengirimkan materi yang nantinya dilombakan, hadiahnya diupayakan berupa uang yang didapatkan dari para sponsor. Diharapkan insentif tersebut bisa membuat mereka aktif terlibat dalam GoeSmart," kata Suhono. Pihaknya juga berupaya untuk mengajukan usulan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghargai partisipasi para guru dalam jejaring media sosial ini berupa kredit. Dengan mendapatkan kredit untuk sertifikasi mereka, bisa jadi para guru makin bersemangat terlibat di media ini, selain insentif berupa uang bila memenangkan lomba modul pengajaran.

Sejak dirintis tiga bulan lalu, sudah ada 4.000 akun yang mendaftar GoeSmart, 30 persen adalah para guru. Suhono mengharapkan agar dalam waktu empat bulan bisa mencapai 10.000 pengguna. Sayangnya, saat dicoba, laman web GoeSmart belum bisa dimasuki. Meskipun sudah mendaftar kemudian mendapat email mengenai verifikasi akun, selalu terpental ke halaman depan. Kemungkinan situs ini tengah diperbaiki. Setidaknya, kita bisa mengetahui fitur yang ditawarkan dalam situs ini dengan tampilan yang ramah di mata.

Read 3666 times Last modified on Sabtu, 04 Mei 2013 13:55