Sabtu, 11 Februari 2017 08:38

Pendidikan Karakter Siswa di Perbatasan jadi Fokus Perhatian LPMP Kalbar

Written by
Rate this item
(0 votes)

KBRN, Entikong : Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Barat memberikan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya guru dan pelajar perbatasan Kabupaten Sanggau di SMP Negeri 3 Entikong, Sabtu (11/2/2017).

Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Barat, Dr. Suhartono Arham, M.Si  mengatakan pelatihan ini sebagai salah satu langkah penguatan pendidikan karakter bagi pelajar di sekolah yang berada dijalur perbatasan negara.

“Pelatihan hari ini agak berbeda, karena kami yang mendatangi sekolah. Kalau sebelum-sebelumnya kami yang mengundang pihak sekolah. Pelatihan ini kita fokuskan untuk penguatan karakter murid,” katanya.

“Tidak cuma untuk murid, kita juga bekerja sama dengan guru untuk menganalisa hasil ujian nasional yang dicapai murid. Dari analisa bersama itu nanti kita ketemu dimana kelemahan siswa, mata pelajaran apa yang lemah disini. Nanti kita kaji bersama, kelemahan itu apakah karena daya tangkap siswanya kurang atau gurunya yang kurang pas menyampaikan,” imbuhnya.

Suhartono Arham mengharapkan, melalui pelatihan ini pembangunan disektor pendidikan dapat terus meningkat sehingga kualitas anak didik di perbatasan bisa disejajarkan dengan murid di perkotaan.

“Trend kebijakan pemerintah saat ini menyasar pembangunan di kawasan perbatasan, membangun dari pinggiran, kita coba sinergikan itu dengan program LPMP. Tujuan akhirnya adalah pendidikan disini itu kuat, sumber daya orangnya berkarakter dengan kualitas yang berdaya saing,” tandasnya.

Pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya guru dan pelajar ini disambut positif Pemerintah Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Kegiatan pelatihan ini diharapkan berkesinambungan, dengan sasaran seluruh sekolah di daerah perbatasan. “Jadi tidak satu sekolah saja yang menonjol kualitasnya, tapi semua sekolah di perbatasan ini,” kata Camat Entikong melalui Kasi Kesra, Wahyu Widayati.

Selain pelatihan penguatan karakter, kegiatan ini juga menyisipkan pelatihan menjawab cepat dan tepat pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa, penyusunan profil sekolah, bakti sosial dan penanaman pohon. sumber : rri.co.id

Read 2895 times Last modified on Minggu, 12 Februari 2017 09:09