Senin, 01 Januari 2018 09:04

Neraca Pendidikan Daerah

Written by
Rate this item
(0 votes)

Banyak kalangan masyarakat yang bertanya : pendidikan itu tanggungjawab siapa, bagaimana membiayainya, dari mana sumber dananya, kemana saja dibelanjakan, dan apa hasilnya. Apakah pendidikan di daerah merupakan tanggungjawab Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah? Dalam bentuk apa masyarakat dapat berpartisipasi? Ini hanya sebagian dari daftar panjang pertanyaan dan masalah pendidikan yang ada di hadapan kita dan harus kita temukan solusinya.

Neraca Pendidikan Daerah (NPD) merupakan salah satu cara untuk menjawab pertanyaan di atas dan dapat dimanfaatkan untuk menggali informasi penting tentang potret pendidikan dan penganggaran pada suatu daerah. Dengan memahami NPD setiap orang tidak saja dapat mengetahui besaran anggaran pendidikan dan kinerja suatu daerah tetapi juga dapat berpartisipasi aktif dalam memecahkan berbagai masalah pendidikan. Bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah NPD dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun kebijakan dan meningkatkan kinerjanya, sekaligus untuk memperkuat ekosistem pendidikan dalam meningkatkan mutu dan akses pendidikan. Dengan data yang disajikan pada NPD ini pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi lebih optimal demi mewujudkan pendidikan yang bermutu, terjangkau dan berkeadilan.

Neraca ini disusun secara sederhana agar mudah dipahami dan akan diterbitkan setiap awal tahun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mulai tahun 2016 ini NPD menyajikan data akhir tahun 2015 dan dapat diakses secara daring melalui Portal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber

 

Read 2606 times Last modified on Jumat, 23 Agustus 2019 19:45