Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; plgContentembed_google_map has a deprecated constructor in /home/t20618/public_html/lpmpkalbar.id/plugins/content/embed_google_map/embed_google_map.php on line 21

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/t20618/public_html/lpmpkalbar.id/components/com_k2/models/item.php on line 763
Jumat, 01 Februari 2019 07:56

Kemendikbud Tingkatkan Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Dengan Pemerintah Polandia

Written by
Rate this item
(0 votes)

Jakarta, Kemendikbud --- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Polandia terus meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dan kebudayaan dengan Pemerintah Polandia. Pentingnya meningkatkan hubungan kerja sama tersebut, mengingat negara dengan jumlah penduduk sekitar 37 juta itu merupakan pintu masuk bagi Indonesia ke negara-negara Eropa Timur dan Eropa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, saat menerima kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Siti Nugraha Mauludiah, yang dilantik awal Januari 2019 lalu. Mendikbud menyampaikan akan mengirim guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke Polandia, guna memanfaatkan peluang investasi pendidikan vokasi di bidang pariwisata dan budaya.

“Kita akan arahkan pendidikan vokasi dengan mengirim guru-guru SMK dan instruktur, juga akan dikaitkan dengan investasi. Bisa juga pertukaran pelajar yang selebihnya akan ditindaklanjuti,” disampaikan Mendikbud di kantor Kemendikbud, Jakarta pada Rabu sore (30/01/2019).

Selain pertukaran pelajar dan pengiriman guru SMK, Mendikbud juga berencana akan menempatkan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Polandia. Seperti diketahui selama ini Indonesia belum memiliki Atdikbud di Polandia. “Nanti akan dilihat negara mana yang tidak terlalu berfungsi (Atdikbudnya), akan kita alihkan ke negara-negara yang bagus potensinya,” ujarnya.

Menindaklanjuti program Darmasiswa yaitu pemberian beasiswa kepada mahasiswa asing untuk belajar seni, budaya, dan bahasa Indonesia, Mendikbud berharap alumni program Darmasiswa tersebut dapat dijadikan duta-duta Indonesia di Polandia untuk mengenalkan segala potensi yang dimiliki Indonesia, mulai dari potensi destinasi investasi hingga destinasi wisata. “Nah, ini saya menyarankan sekaligus meminta kepada Dubes untuk lebih mengintensifkan alumni Darmasiswa tahun mendatang,” kata Mendikbud.

Menyambut pernyataan Mendikbud, Dubes Siti Nugraha mengungkapkan, terkait dengan pendidikan vokasi nantinya akan dikaitkan dengan investasi. Sehingga melalui pendidikan vokasi, investasi dapat diserap langsung oleh para industri di Indonesia. Keuntungan lainnya dari kerja sama tersebut, lanjut Mauludiah, Polandia merupakan negara yang memiliki standar vokasi Uni Eropa. Biaya hidup (living cost) di sana pun cenderung lebih murah dibandingkan dengan negara Eropa Barat lainnya.

“Sehingga sesuai arahan Pak Menteri Pendidikan tadi, vokasi ini dikaitkan dengan investasi yang akan mereka tanamkan di sini (Indonesia). Jadi pendidikan bisa diserap oleh industrinya langsung,” ujar Mauludiah.

Hubungan Indonesia dengan Polandia sudah terjalin sejak lama. Sejak tahun 1974 hingga 2018, sekitar 450 pelajar Polandia telah mengikuti program Darmasiswa untuk belajar seni, budaya, dan bahasa di Indonesia. Program ini setiap tahunnya diminati sekitar 20 hingga 30 pelajar Polandia, padahal Kemendikbud hanya menyediakan kuota sebanyak 10 hingga 12 pelajar.

Jakarta, 31 Januari 2019
Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber : Siaran Pers BKLM, Nomor: 020/A5.3/Sipres/I/2019


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/t20618/public_html/lpmpkalbar.id/components/com_k2/templates/default/item.php on line 248
Read 131 times Last modified on Senin, 04 Februari 2019 08:02