Kamis, 27 Jun 2019 07:46

Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pengumpulan Data Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019

Written by HM
Rate this item
(0 votes)

Pontianak, 27/06/2019 -- Peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab satuan pendidikan. Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu. Budaya mutu dibangun atas dasar kesolidan, kebersamaan dan keseriusan. Aspek kepemimpinan juga menjadi unsur penting yang perlu diunggulkan.

Satuan pendidikan butuh inisiasi. Satuan pendidikan butuh inspirasi. Satuan pendidikan butuh aksi untuk mewujudkan budaya ini. Semua landasan ini menumbuhkan stimulasi LPMP Kalimantan Barat untuk memfasilitasi. Fasilitasi konkrit adalah program Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di seluruh sekolah Indonesia melalui pendekatan pelibatan seluruh komponen sekolah (whole school approach).

Program ini merupakan langkah awal rangkaian kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan selayaknya mampu melakukan pengumpulan data peta mutu. Pengumpulan data peta mutu diperlukan agar setiap satuan pendidikan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing berkaitan dengan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk mencapai dan bahkan melampaui SNP.

Guna mendukung terlaksananya pemetaan mutu pendidikan tersebut, LPMP sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis fasilitator daerah pengumpulan data mutu pendidikan. Tujuan kegiatan memberikan pemahaman teknis kepada pengawas sekolah dan operator Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Dinas Pendidikan dan Kecamatan yang ada di Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dillaksanakan pada tanggal 26 - 28 Juni 2019 di LPMP Kalimantan Barat yang diikuti oleh 16 orang staf LPMP Kalimantan Barat. Kegiatan dibuka oleh Drs. Abdi Tauhid, MM selaku Kepala Seksi Sistem Informasi. Dalam sambutannya Drs. Abdi Tauhid, MM menyampaikan harapan agar para fasilitator daerah yang ikut pada kegiatan ini dapat aktif mengikuti kegiatan dan saling berdiskusi sehingga mampu dan siap memberikan materi pada kegiatan bimbingan teknis pengawas petugas pengumpulan data mutu pendidikan yang akan dilaksanakan pada bulan Juli Tahun 2019. (HM)

 

 

Read 2121 times Last modified on Kamis, 22 Agustus 2019 11:45