Senin, 01 Juli 2019 14:07

Bimbingan Teknis Pengawas Provinsi Kalimantan Barat Angkatan I Tahun 2019

Written by SI
Rate this item
(1 Vote)

Pontianak -- LPMP Kalimantan Barat menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas Sekolah Angkatan I, yang berlangsung dari tanggal 1 s.d. 3 Juli 2019. Peserta merupakan Pengawas Sekolah Jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di Provinsi Kalimantan Barat.
Kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas merupakan bagian dari program kerja penjaminan mutu pendidikan yang dikawal oleh LPMP, Dinas Pendidikan, dan sekolah dalam melakukan kegiatan pemetaan mutu melalui aplikasi PMP, melalui pemetaan mutu pendidikan akhirnya diperoleh peta mutu pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah, pemerintah daerah sebagai acuan dalam perencanaan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sesuai kewenangan masing-masing.
Sekolah melakukan kegiatan pemetaan mutu melalui Aplikasi PMP dan menyampaikan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk data dan informasi sesuai dengan instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan ketentuan yang ada. Hasil istrumen tersebut kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi PMP untuk dianalisis lebih lanjut agar dapat dilakukan pemetaan mutu pendidikan.

Sistem Pendidikan Nasional yang didefinisikan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia.

Setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan sebagaimana diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005. Penjaminan mutu pendidikan ini bertujuan memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Lebih jauh, agar penjaminan mutu dapat berjalan baik di segala lapisan, telah dikembangkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMI), yaitu sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan.

Berangkat dari latar belakang di atas, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Barat akan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 dalam rangka mendukung Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Dibuka oleh Kasi Sistem Informasi  Drs Abdi Tauhid, MM sebagai Plh Kepala LPMP Kalimantan Barat, Kegiatan ini direncanakan dimulai dari Tanggal 1 Juli s.d. 3 Juli 2019. dengan peserta angkatan I terdiri dari 10 kabupaten diantaranya dari Kabupaten Sambas. dengan Jumlah Kelas yang direncanakan sebanyak 6 kelas . 

 

Read 2156 times Last modified on Kamis, 22 Agustus 2019 11:41