Selasa, 02 Juli 2019 11:07

Bimtek Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Angkatan 3 Tahun 2019

Written by OKTARgni
Rate this item
(0 votes)

Pontianak, 1/7/19 -- Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) tahun 2019 Angkatan 3 di 5 (lima) kabupaten/kota yaitu Kab. Bengkayang, Kab. Sanggau, Kab. Sekadau, Kab. Melawi, dan Kab. Kayong Utara. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 1 s.d 3 Juli 2019 di aula Dinas Pendidikan dan Kabupaten masing-masing kabupaten/kota.
.
Pada kegiatan ini narasumber memberikan petunjuk kepada Tim Penjaminan Mutu Pemerintah Daerah (TPMP) bagaimana melaksanakan tugas sebagai TPMPD dalam melakukan penjaminan mutu pendidikan di daerah kabupaten/kota. Dalam pelaksanaan Tugas TPMPD, salah satu bentuk fasilitasi yang diberikan oleh TPMPD kepada Sekolah Binaan adalah melalui proses Pendampingan.
.
Pendampingan yang dilakukan TPMPD ke Sekolah Binaan minimal sebanyak 2 (dua) kali dalam satu semester, alokasi waktu untuk setiap kali pendampingan dilaksanakan selama ± 1 hari dengan pola 6 - 8 (enam sampai dengan delapan) Jam Pelajaran (@1 JP : 60 Menit) dan jadwal pendampingan disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah masing-masing. Adapun tujuan pelaksanaan pendampingan Sekolah Binaan oleh TPMPD antara lain :
1) Untuk mengetahui satuan pendidikan telah menjalankan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal mengacu pada kebijakan, dokumen mutu, dokumen perencanaan, pedoman, petunjuk pelaksanaan, petunjuk teknis dan lainnya.
2) Memberikan motivasi, penguatan dan pembinaan terhadap kinerja TPMPS di satuan Pendidikan.
3) Mendorong dan membantu sekolah dalam memenuhi indikator mutu pada setiap standar sesuai dengan target standar yang akan dicapai pada masing-masing satuan pendidikan.
4) Mendorong dan membantu sekolah mengembangkan keunggulan yang dimiliki sekolah sehingga dapat menjadi contoh dan pembelajaran bagi sekolah lainnya kepada Sekolah Binaan.
(oktaragni)

Read 1914 times Last modified on Senin, 26 Agustus 2019 13:07