Sabtu, 06 Juli 2019 13:48

Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Mutu Tahun 2019

Written by Irfan
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - LPMP Kalimantan Barat sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Kalimantan Barat, melaksanakan kegiatan Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Mutu pada tanggal 4 sampai dengan 6 Juli 2019 bertempat di LPMP Kalimantan Barat.

Pelaksanaan kegiatan akan dipandu narasumber internal yang terdiri dari Kepala LPMP Kalimantan Barat, pejabat struktural serta staf yang potensial, dan narasumber eksternal yaitu dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Barat, oleh Kasi Integrasi Pengolahan Data. Peserta direncanakan sebanyak 30 orang, yaitu dari unsur Widyaiswara, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), dan staf LPMP Kalimantan Barat serta Pengawas Sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu : pertama, peserta dapat melakukan penyusunan sistematika buku peta mutu; kedua, peserta dapat melakukan penyusunan sumber data dan cara pengolahan serta analisis data mutu pendidikan; dan ketiga, peserta dapat melakukan penyusunan desain tampilan buku peta mutu pendidikan tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian program penjaminan mutu pendidikan yang telah dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah oleh satuan pendidikan di Indonesia diharapkan dapat berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pasal 2 ayat 1 menyebutkan lingkup standar nasional meliputi : standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Dari hasil program penjaminan mutu yang telah dilaksanakan oleh satuan pendidikan, LPMP berkewajiban melaksanakan pemetaan mutu pendidikan yang diharapkan akan melahirkan potret mutu pendidikan di Kalimantan Barat, sehingga nantinya dapat digunakan sebagai dasar bagi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam mengambil kebijakan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

 

 

Read 544 times Last modified on Kamis, 22 Agustus 2019 11:18