Rabu, 26 Jun 2019 16:01

Bimtek Supervisi Tingkat Kab/Kota Angkatan 3 Tahun 2019

Written by PMS
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - LPMP Kalimantan Barat kembali melanjutkan pelaksanaan Bimbingan Teknis Supervisi Tingkat Kabupaten/Kota yaitu untuk angkatan III, yang dimulai tanggal 26 sampai dengan 29 Juni 2019.

Sasaran peserta angkatan III ini adalah sebanyak 146 peserta, yang keseluruhannya merupakan Pengawas Sekolah yang berasal dari 4 kabupaten/kota yaitu Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, dan Singkawang serta Pengawas Sekolah jenjang SMA/SMK di Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan dibuka oleh Dra. Dwi Karyani, M.Pd selaku Kasi Pemetaan Mutu dan Supervisi, yang mewakili Kepala LPMP Kalimantan Barat. Dalam sambutannya Dra. Dwi Karyani, M.Pd mengharapkan dengan mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam hal melaksanakan supervisi mutu pendidikan di satuan pendidikan binaannya masing-masing yang nantinya akan dilaksanakan melalui program Supervisi Satuan Pendidikan, yang direncanakan akan dilaksanakan oleh LPMP bersama dengan Pengawas Sekolah pada bulan Agustus sampai dengan September 2019.

Materi-materi pada kegiatan ini disampaikan oleh Fasnas (Fasilitator Nasional) beserta Fasda (Fasilitator Daerah) yang telah mengikuti pelatihan baik di tingkat pusat maupun provinsi, yang terdiri dari unsur-unsur pejabat struktural dan Widyaiswara LPMP Kalimantan Barat serta Pengawas Sekolah. Materi-materi yang disampaikan meliputi Kebijakan Mutu Pendidikan LPMP Kalimantan Barat, Pengantar Bimtek Supervisi Mutu Pendidikan, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Integrasi Peningkatan Mutu Pendidikan (Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Keselarasan Kurikulum, Penguatan Pendidikan Karakter, Gerakan Literasi, Sekolah Sehat), Instrumen Supervisi Mutu Pendidikan, Simulasi Supervisi Mutu Pendidikan, Analisis dan Evaluasi Hasil Supervisi Mutu Pendidikan, Penyusunan Laporan Hasil Supervisi Mutu Pendidikan, Pre Test dan Post Test, serta Penyusunan Rencana Tindak Lanjut, yang keseluruhannya berjumlah 32 JP.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Bimbingan Teknis Supervisi Tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 selama 3 angkatan ini, diharapkan dapat mencapai suatu kesepahaman dalam pelaksanaan supervisi satuan pendidikan di Kalimantan Barat, sehingga pada waktu yang telah dijadwalkan nantinya Pengawas Sekolah sudah siap dalam melaksanakan supervisi mutu pendidikan pada masing-masing satuan pendidikan binaannya.  

 

 

Read 2678 times Last modified on Kamis, 22 Agustus 2019 11:09