Kamis, 11 Juli 2019 14:51

Bimbingan Teknis Pengawas Provinsi Kalimantan Barat Angkatan 2 Tahun 2019

Written by ER
Rate this item
(0 votes)

Pontianak/11/7/2019 - LPMP Kalbar -- Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 mengamanatkan setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Peraturan Pemerintah ini bertujuan memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP). Berlandaskan pentingnya amanat tersebut Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat dalam rangka mendukung Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengawas.

 

Kegiatan berlangsung pada tanggan 9 – 11 Juli 2019. Peserta kegiatan berasal dari unsur pengawas sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 148 peserta se-Kalimantan Barat.

 

Kegiatan ini dibuka oleh kepala LPMP Kalimantan Barat, Drs. Aristo Rahadi, M.Pd. Dalam sambutannya kepala LPMP Kalimantan Barat berharap progres pengiriman data Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat adalah 100%. Selain itu Drs. Aristo Rahadi, M.Pd. juga berharap agar kualitas data yang dikirim satuan pendidikan meningkat sehingga data penjaminan mutu pendidikan dapat diproses menjadi rapor mutu satuan pendidikan. Rapor mutu merupakan potret kondisi nyata satuan pendidikan sehingga perlu diisi dengan benar dan akurat.

 

Hasil dari kegiatan ini membekali pengawas sekolah mampu melaksanakan kegiatan pendampingan dan pengumpulan data mutu pendidikan pada sekolah binaan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang benar, sehingga pengisian dan pengentrian data mutu pendidikan dapat dilakukan dengan jujur, transparan, akuntabilitas dan akurat. Potret satuan pendidikan yang dihasilkan dalam rapor mutu aplikasi penjaminan mutu pendidikan terkait pemenuhan SNP memberikan gambaran baik bagi satuan pendidikan maupun pemangku kepentingan di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi dalam hal pengambilan kebijakan terkait peningkatan pendidikan di daerahnya masing-masing. (ER)

 

Read 1541 times Last modified on Kamis, 22 Agustus 2019 11:05