Sabtu, 21 September 2019 10:09

Bantuan Sosial Tanggap Bencana Asap Oleh Direktorat PSMP Kemdikbud Kepada SMPN 13 Pontianak

Written by RTd
Rate this item
(0 votes)

Pontianak,21/9/2019 - LPMP Kalbar - Aktivitas pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat mengalami kelumpuhan diakibatkan kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan. Pemerintah memutuskan meliburkan siswa sejak tanggal 11 September dan berlanjut hingga 20 September 2019 karena kondisi udara semakin tidak sehat. Akibat libur panjang tersebut, para guru dan siswa mengalami masalah karena harus mengejar ketertinggalan jadwal belajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil kebijakan dengan memberikan bantuan sosial tanggap bencana asap agar aktivitas belajar mengajar dapat dilakukan. Pada tanggal 21 September 2019, Direktorat PSMP telah memberikan bantuan ke SMPN 13 Pontianak yang telah diusulkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak sebagai percontohan sekolah aman asap. Program ini bertujuan untuk menyiapkan sekolah dengan kualitas udara yang aman, sehingga kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan normal.  Bantuan diserahkan langsung oleh perwakilan dari Direktorat PSMP yaitu Bapak Nur Yamin dan Aris Prabowo, dan diterima oleh Kepala sekolah SMPN 13 Pontianak, ibu Sri Azyanti serta disaksikan oleh perwakilan dari LPMP Kalimantan Barat Ibu Suprapti selaku Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) LPMP Kalimantan Barat. Untuk tahap awal bantuan yang diberikan berupa 1 set peralatan untuk ruang kelas aman asap yang terdiri dari 2 Exhaust Fan dinding, 2 kipas angin, 1 aquarium dan dacron untuk seluruh ventilasi yang dipasang langsung di ruang kelas. Semua peralatan tersebut berfungsi untuk mengisolasi ruangan dari partikel berbahaya asap.

SMPN 13 Pontianak memiliki 1.046 siswa dengan 32 ruang kelas,  yang rencananya seluruh ruang kelas ditambah 1 ruang guru akan dipasang peralatan tersebut. Setelah seluruh bantuan diserahkan dan dipasang di seluruh ruang kelas dan ruang guru, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan meresmikan SMPN 13 Pontianak sebagai  ‘Sekolah Aman Asap’.

Read 1069 times Last modified on Selasa, 01 Oktober 2019 11:30