Rabu, 06 November 2019 13:01

kegiatan Analisis Supervisi Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat

Written by irf
Rate this item
(0 votes)

Pontianak, 06/11/2019 - LPMP Kalbar - Memasuki akhir tahun anggaran 2019, berbagai program peningkatan mutu pendidikan sudah menuju tahapan akhir rangkaian kegiatannya. Demikian juga pada program Supervisi Mutu Pendidikan. Supervisi mutu merupakan suatu proses untuk mengawal upaya peningkatan mutu pada satuan pendidikan oleh LPMP bersama dengan Pengawas Sekolah. LPMP Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Analisis Supervisi Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 5 sampai dengan 7 Nopember 2019, bertempat di ruang teleconference LPMP Kalimantan Barat.

Kegiatan Analisis Supervisi Mutu Pendidikan ini merupakan tindak lanjut dari hasil kegiatan Supervisi Satuan Pendidikan yang telah dilaksanakan oleh Pengawas Sekolah di sekolah-sekolah binaannya. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menganalisis hasil supervisi di satuan pendidikan, sehingga diperoleh gambaran mutu pendidikan di kabupaten/kota, untuk kemudian dapat disusun rekomendasi yang diperlukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat pada umumya.

Sasaran peserta dari kegiatan ini adalah sebanyak 40 orang, yang terdiri dari Pengawas Sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA/SMKdari 14 kabupaten/kota serta unsur staf LPMP Kalimantan Barat.

Pelaksanaan kegiatan difasilitasi oleh narasumber-narasumber internal yaitu pejabat struktural maupun staf LPMP Kalimantan Barat, serta narasumber eksternal yang merupakan praktisi analis dan penyajian infografis hasil penelitian, yaitu Dr. Ali Hasmy, M.Si (Dosen IAIN Pontianak) dan Cahya Aulia Prastya, S.ST (Kepala Seksi Jaringan dan Rujukan Statistik BPS Provinsi Kalimantan Barat).

Materi kegiatan yang disajikan selama 3 (tiga) hari pelaksanaan kegiatan ini meliputi : Kebijakan Mutu Pendidikan Kemdikbud, Metode Analisis Hasil Supervisi Mutu, Metode Desain Grafis Supervisi Mutu, Penyusunan Sistematika Hasil Supervisi Mutu, Pengolahan Data Hasil Supervisi Mutu, Analisis Hasil Supervisi Mutu, Penyusunan Rekomendasi, dan Rencana Tindak Lanjut.

 

Read 163 times Last modified on Rabu, 06 November 2019 13:08