Rabu, 29 Mei 2013 06:13

Sambas Mulai Terapkan Pendidikan Menengah Universal

Written by Admin
Rate this item
(1 Vote)

Sambas - Pemkab Sambas melalui Program Pendidikan Menengah Universal (PMU), berharap anak-anak tamatan SMP mampu melanjutkan ke tingkat SLTA sehingga jenjang pendidikan SLTA di Kabupaten Sambas semakin meningkat.

 
"Kita harapan melalui Pendidikan Menengah Universal, maka 100 persen anak-anak tamatan SMP bisa sampai ke jenjang SLTA apakah itu SMA, MA maupun SMK," ujar Juliarti Djuhardi Alwi, di tengah acara Pencangan Bulan Bhakti Gotong Royong, Senin (27/5/2013).
 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, Jusmadi menjelaskan  pendidikan menengah universal hampir mirip dengan wajib belajar pada SMP, namun jenjang setingkat SLTA. 
 
"Kebijakan ini merupakan representasi dari kebijakan pusat dan daerah mengikutinya, karena belum ada peraturan khusus seperti wajib belajar sembilan tahun, maka dinamakan pendidikan menengah universal," katanya.
 
"Kalau boleh ditegaskan ini seperti rintisan wajib belajar, dan untuk pendanaannya saat inipun sudah ada Dana Alokasi Khusus untuk SMA, sehingga ke depannya diharapkan ada dana BOS bagi SLTA secara penuh," ujarnya.
 
Ia mengatakan pada tahun ini sudah mulai sosialisasi dan sambil menerapkan. "Mudah-mudahan ke depannya sudah mulai diterapkan secara penuh," katanya.
 
 
Sumber : http://www.tribunnews.com
Read 3411 times Last modified on Rabu, 29 Mei 2013 06:34