Selasa, 02 Maret 2021 14:02

Sosialisasi Pemanfaatan Akun Belajar.Id Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Written by RTd
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan SOSIALISASI PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID  pada hari Senin, tanggal 1 Maret 2021 kepada satuan pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah meluncurkan Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id  untuk satuan pendidikan (peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan). Akun belajar id  dapat digunakan untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik yang tersedia dalam Google Workspace for Education serta aplikasi pembelajaran lainnya, dan dapat diaktifkan oleh sekolah paling lambat tangal 30 Juni 2021.

Sosialisasi Pemanfaatan Akun Belajar Id diikuti oleh peserta yang terdiri dari unsur Pengawas sekolah, Kepala sekolah, guru dan operator sekolah  dari 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat melalui zoom meeting 186 orang dan 85 orang melalui youtube PTP LPMP Kalimantan Barat. Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si yang menyatakan bahwa kegiatan Sosialisasi akun belajar.id merupakan peningkatan layanan LPMP Provinsi Kalimantan Barat sebagai pendukung kebijakan Merdeka Belajar Kemdikbud dan program digitalisasi sekolah diantara berbagai keterbatasan yang masih dihadapi sekolah. Kepala LPMP juga menyatakan bahwa Pendidikan tidak hanya mendeliver pengetahuan tetapi juga sikap dan keterampilan kepada peserta didik, oleh karena itu apapun platform teknologi yang digunakan harus dikembalikan pada esensi pendidikan itu sendiri untuk mewujudkan pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Pendidik diharapkan terus maju dan tidak menyerah ditengah keterbatasan yang dihadapi untuk  memberikan pendidikan yang merata dan berkualitas khususnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini didukung oleh narasumber Google Master Trainer DR. Kulsum Nurhayati, M.Pd, M.Si, PTP Madya BPMR Yogyakarta  yang mengenalkan Akun Pembelajaran (belajar. id) dan Bapak Iwan Muharji, S.Pd, M.Pd, Guru di SMPN 1 Karangmojo Yogyakarta yang memberikan contoh praktek baik pemanfaatan googleclassroom dengan menggunakan akun belajar.id,  serta Tim Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Provinsi Kalimantan Barat yang menyampaikan tentang tatacara pengaktifan akun belajar. Id dan program Jari Manis LPMP Provinsi Kalimantan Barat.

Setelah mengikuti kegiatan Sosialisasi Akun Belajar Id, sekolah diharapkan segera mengaktifkan akun belajar. Id sebelum 30 Juni 2021 dan memanfaatkan Google workspace for education dalam pembelajaran. LPMP Provinsi Kalimantan Barat juga meluncurkan “Program Jari Manis (Belajar Daring Mandiri dan Dinamis)” yang diawali dengan Sosialisasi akun belajar.id, dilanjutkan dengan Fasilitasi penggunaan fitur-fitur dalam Google workspace for education, kemudian pembimbingan pengerjaan tugas dan pemanfaatan Google workspace for education, kemudian diakhiri dengan konsultasi  saat pelaksanaan pengimbasan kepada guru dan siswa disekolah. Melalui rangkaian kegiatan tersebut, diharapkan Akun Pembelajaran yang telah diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) maupun sebagai alternative pendukung pembelajaran disekolah.

Pembukaan kegiatan oleh Plt Kepalal LPMP Provinsi Kalimantan Barat

Bapak Iwan Muharji, S.Pd, M.Pd, Guru di SMPN 1 Karangmojo Yogyakarta yang memberikan contoh praktek baik pemanfaatan googleclassroom dengan menggunakan akun belajar.id, 

 

 #DitjenGTK

#kemendikbud#Pusdatin#PTPLPMPKalbar#PertahankanWBK#RaihWBBM #TolakGratifikasi #IkhlasMelayani

 #LPMPKalbar

Read 179 times Last modified on Selasa, 02 Maret 2021 14:20

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.