Rabu, 03 Maret 2021 11:32

Gelar Karya Calon Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Jenjang SLB,SMA dan SMK Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021

Written by Hl
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - LPMP Kalbar - Pada hari Rabu tanggal 3 Maret 2021, dilaksanakan gelar karya diklat calon kepala sekolah  dan pengawas sekolah jenjang  SLB,SMA dan SMK kegiatan Diklat In Service  Training (IST2) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Kegiatan ini merupakan acara puncak atau rangkaian kegiatan akhir dari serangkaian tahapan yang telah di lalui oleh peserta calon kepala sekolah dan pengawas sekolah sebagai syarat kelulusan sebagai calon kepala sekolah dan calon pengawas sekolah. Adapun tahapan yang harus dilaksanakan oleh peserta yaitu ada   4 (empat) tahapan sebagai berikut:  1. tahap On the Job Training (OJT) 1; 2. Tahap In Service Training (IST) 1; 3. tahap On the Job Training (OJT) 2; 4. dan tahap In Service Training (IST) 2, kegiatan dilaksanakan secara tatap muk (luring) dengan durasi waktu selama ± 3 bulan, dimana kegiatan dimulai pada bulan Oktober s/d Desember 2020 untuk OJT 1 dan IST 1, dan selanjutnya kegiatan OJT 2 dan IST 2 dilaksanakan pada tahun 2021.

 

Gelar karya ini merupakan aktivitas/mata diklat dari kegiatan In Service Training 2 (Ist 2)  dimana peserta melakukan evaluasi dan refleksi terhadap pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang bertujuan untuk mengukur performa hasil pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut (RTL) secara komprehensif. Dengan kata lain si calon kepala sekolah dan Pengawas Sekolah menjelaskan  Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) di tempat mereka melaksanakan magang.  

 

 Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Kartika Pontianak tersebut peserta menyajikan semua bahan dan alat pelaksanaan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)  dan Peningkatan Kompetensi (PK) menjelaskan proses Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK)  dan Peningkatan Kompetensi (PK) berupa dokumentasi, video maupun audio; menjawab pertanyaan pengunjung, serta melakukan presentasi hasil pelaksanaan RTL.

 

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan  Tenaga Kependidikan  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat Bapak Drs.  Kusnadi, M.Si, mengapresiasi ide-ide cerdas, inovatif dan kreatif  terhadap hasil karya peserta baik itu  calon kepala sekolah maupun kepala sekolah, dan beliau mengharapkan semua peserta untuk tetap dapat memberikan yang terbaik dan profesional bagi peningkatan mutu pendidikan khususnya di Provinsi Kalimantan Barat.

 

Kegiatan Penyiapan calon Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah jenjang SLB, SMA  dan SMK ini merupakan Program Kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS), dan LPMP Provinsi Kalimantan Barat.

Gelar karya ini merupakan kali ke 2 yang dilaksanakan oleh LPMP Provinsi Kalimantan Barat, sebagai Lembaga Penyelenggara Diklat  untuk diklat calon Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Provinsi Kalimantan Barat.

 

Read 218 times Last modified on Rabu, 03 Maret 2021 16:06

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.