Selasa, 24 Agustus 2021 07:39

Pendampingan Pembangunan Zi WBK Politeknik Negeri Ketapang (Politap) Oleh LPMP Provinsi Kalimantan Barat

Written by
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - LPMP Kalimantan Barat - Bertempat di salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, Politeknik Negeri Ketapang merupakan salah satu satuan kerja kemdikbudristek yang berhasil LOLOS dalam tahap penilaian internal untuk memperoleh predikat satker Zona Integritas- Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK). Sesuai dengan arahan dari Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemdikbudristek dalam rangka menindaklanjuti keputusan sekretaris jenderal kemdikbudristek No. 07 Tahun 2021 Tgl 13 April 2021, LPMP Provinsi Kalimantan Barat menunaikan tugasnya sebagai Tim Pendamping Pembangunan Zona Integritas Satker Kemdikbudristek di wilayah Kalimantan barat. Selama 2 (dua) hari, tgl 23 s.d 24 Agustus 2021 Tim Reformasi Birokrasi (RB)  LPMP Provinsi Kalimantan Barat memberikan pendampingan terkait proses pembangunan ZI WBK kepada Tim Reformasi Birokrasi Politeknik Negeri Ketapang.

.

Kedatangan Bapak Asep Sukmayadi, S.IP.,M.Si. selaku Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Barat beserta Tim Reformasi Birokrasi  LPMP Provinsi Kalimantan Barat di sambut dengan  baik oleh Bapak Endang Kusmana, SE, MM, Ak, CA selaku Direktur Politeknik Negeri Pontianak beserta jajarannya. Dalam arahannya Bapak Endang Kusmana, SE, MM, Ak, CA menyampaikan kepada seluruh TIM RB POLITAP untuk hadir dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya momen tersebut untuk memperkuat pembangunan reformasi birokrasi diwilayahnya dengan melakukan diskusi pendalaman terhadap 6 (enam) komponen pengungkit dan 2(dua) komponen hasil.

.

Pada Acara Pembukaan kegiatan, Bapak Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Barat  menyampaikan bahwa LPMP Provinsi Kalimantan diberikan mandat oleh Kemdikbudristek untuk memberikan pendampingan kepada satker yang diusulkan kemendikbudristek sebagai satker ZI menuju WBBK/WBBM, beliau berpesan kepada kepada TIM RB POLITAP untuk tetap semangat, saling bekerjasama dan bergotong royong karena kunci keberhasilan untuk meraih predikat WBK adalah komitmen seluruh unsur yang terlibat untuk satu tujuan dan satu sikap. Beliau juga menyampaikan bahwa internaliasi pembangunan zona integritas bukan hanya sekedar pemenuhan dokumen saja yang bersifat formalitas akan tetapi para pimpinan harus mampu menyampaikan perkembangan serta perubahan-perubahan dengan adanya pembangunan zona integritasi serta pesan tersebut dapat terkirim dan dipahami oleh tim penilai nasional yang melakukan evaluasi pembangunan zona integritas di satker masing-masing.

.

Kegiatan pendampingan bertujuan untuk pemantapan pelaksanaan pembangunan Zona integritas (ZI) menuju WBK di Wilayah Kerja Politeknik Negeri Ketapang, pada hari pertama TIM RB LPMP Provinsi Kalimantan Barat melakukan peninjauan lapangan (cek fisik terkait dengan sarana dan prasarana) yang harus terpenuhi sesuai standar layanan dan melihat paparan tentang capaian kinerja dan progres pembangunan RBI POLITAP dari Bapak Endang Kusmana, SE, MM, Ak, CA selaku Direktur POLITAP, kemudian di hari ke 2 (dua) tim reformasi birokrasi LPMP Provinsi Kalimantan Barat melakukan diskusi pendalaman Lembar Kerja Evaluasi (LKE) per pengungkit dengan metode diskusi dan wawancara langsung dengan masing-masing tim, serta paparan sharing praktik baik tentang capaian kinerja dan progres pembangunan zona integritas LPMP Provinsi Kalimantan Barat yang disampaikan oleh Urai Winda Fidya Sari, M.Ak selaku sekretaris reformasi birokrasi LPMP Provinsi Kalimantan Barat yang dalam hal ini mewakili Ketua Tim Reformasi Birokrasi LPMP Provinsi Kalimantan Barat. Penjelasan secara rinci dan detail disampaikan dengan lugas dan jelas dari proses pencanangan hingga tahap penilaian. Penyajian sharing praktek baik juga dilengkapi dengan tayangan video sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik.  

.

Selasa 24 Agustus 2021, bukanlah akhir dr kegiatan pendampingan yang akan dilakukan oleh LPMP Provinsi Kalimantan Barat, LPMP Provinsi Kalimantan Barat akan terus mengikuti perkembangan progres pembangunan ZI WBK di POLITAP, hingga tahap evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan harapan POLITAP dapat meraih predikat ZI WBK di tahun 2021.

.

Semoga kegiatan pendampingan ini dapat bermanfaat bagi POLITAP dan LPMP provinsi Kalimantan Barat.

#Kemendikbudristek #lpmpprovkalbar#PertahankanWBK#RaihWBBM #IkhlasMelayani #TolakGratifikasi #BeraniJujurHebat #BersamaKitaBisa #Ciptakan Inovasi#reformasibirokrasi#POLITAP#

Read 89 times Last modified on Rabu, 01 September 2021 07:45

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.