Rabu, 01 September 2021 07:51

Sosialisasi Program Sekolah Penggerak di Kota Singkawang

Written by
Rate this item
(0 votes)

Singkawang - Kalimantan Barat - Dalam rangka penyamaan persepsi dan sinergisitas antara pemerintah pusat, dan pemerintah daerah tentang pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di Kabupaten/Kota, LPMP Provinsi Kalimantan Barat, sebagai perpanjangan tangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Provinsi mendampingi Kota Singkawang dalam melaksanakan Program Sekolah Penggerak angkatan kedua sesuai dengan tugas dan kewenangannya.

.

Sebagai langkah awal persiapan pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan, bahwa kabupaten/kota yang telah terpilih diharapkan untuk membuat video Komitmen Kepala Daerah terhadap penyelenggaraan Program Sekolah Penggerak dan menyepakati nota kesepakatan penyelenggaraan Program Sekolah Penggerak antara kemendikbudristek dengan kepala daerah.

.

Tim Sekolah Penggerak LPMP Provinsi Kalimantan Barat yang dikomandoi oleh Dr. Herlina, SE, M.Pd, pada tanggal 31 Agustus 2021 di Kota Singkawang memberikan sosialisasi tentang Program Sekolah Penggerak kepada pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang.

.

Fenomena Program Sekolah Penggerak yang sedang menjadi perbincangan hangat di dunia pendidikan menimbulkan banyak pertanyaan khususnya di dunia pendidikan tentang apa, siapa, bagaimana, kapan serta maksud dan tujuan Program Sekolah Penggerak, apalagi bagi kabupaten/kota yang baru saja terpilih pada tahun 2021 oleh kemendikbudristek. Secara gamblang Dr. Herlina, SE, M.Pd memberikan penjelasan mulai dari pengenalan Program Sekolah Penggerak, metode dan mekanisme pendaftaran serta tahapan-tahapan seleksi yang akan dilalui oleh peserta dalam hal ini kepala sekolah jenjang TK/PAUD, SD dan SMP.

.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Bapak H. Asmadi, S.Pd, M.Si, dalam sambutan dan arahannya pada acara sosialisasi, menyampaikan bahwa Pemerintah daerah Kota Singkawang sangat mensupport program sekolah penggerak dan beliau juga menyampaikan permohonan agar diberikan bimbingan dan arahan mengenai peran, fungsi dan tanggung jawab masing-masing instansi, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

.

Pada kesempatan ini pula dengan logat bahasa Singkawang serius tapi santai beliau menyampaikan bahwa dalam rangka persiapan pelaksanaan Program Sekolah Penggerak, Kota Singkawang telah memiliki program yang di jagokan yaitu “Sekolah menyenangkan”. Sekolah menyenangkan lebih difokuskan kepada sekolah swasta karena menurut beliau sekolah swasta merupakan aset untuk kabupaten/kota untuk menularkan hal-hal baik dan positif kepada sekolah lainnya.

.

Adapun tujuan dilaksanakannya program sekolah menyenangkan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Satuan pendidikan dapat menzonahijaukan sekolahnya dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bekerjasama dengan tim kesehatan tingkat kelurahan
  2. Penataan sekolah yang bersih, sehat dan asri dan menyenangkan;
  3. Penguatan pendidikan karakter dengan penanaman nilai-nilai keagamaan yang dianut oleh masing-masing siswa di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga dengan konsep merdeka belajar serta memberikan seluas-luasnya kepada orang tua dan murid untuk memilih pembelajaran secara tatap muka ataupun daring.
  4. Satuan pendidikan dapat meningkatkan literasi dan numerasi dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang relevan;
  5. Menciptakan sekolah ramah anak, bebas COVID, bebas perundungan, bebas NAPZA dan perbuatan-perbuatan kekerasan lainnya dengan melibatkan masyarakat sekitar;

.

Antusiasme peserta terlihat dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber LPMP Provinsi Kalimantan Barat ibu Dr. Herlina, SE, M.Pd, karena mereka ingin memahami lebih dalam dan menggali informasi tentang program sekolah penggerak tersebut sehingga terciptanya kesamaan persepsi sebagai bekal untuk mensosialisasikan kepada satuan pendidikan yang berada di wilayah Kota Singkawang dan sekitarnya. Adapun unsur peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah pejabat struktural, pengawas sekolah, pengurus PGRI, Ikatan Guru Indonesia (IGI), Kwartir cabang (Kwarcab) dan dewan pendidikan Kota Singkawang.

Semoga kegiatan ini dapat menjadi pencerah, penambah informasi serta meningkatkan wawasan bagi pemerintah daerah khususnya di Kota Singkawang untuk melaksanakan program sekolah penggerak sehingga kedepannya bisa mengukur seberapa jauh sekolah bisa berkembang dari posisi awal dalam rangka pemerataan mutu pendidikan di Kota Singkawang.

.

#Kemendikbudristek#lpmpprovkalbar#Unitlayananterpadu#PertahankanWBK#RaihWBBM#IkhlasMelayani#TolakGratifikasi#BeraniJujurHebat#BersamaKitaBisa#CiptakanInovasi#kemitraan#ProgramSekolahPenggerak#

 

Read 126 times Last modified on Rabu, 01 September 2021 08:15

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.