Kamis, 21 Oktober 2021 09:22

Koordinasi Data Mutu 2021

Written by
Rate this item
(0 votes)

Pontianak -- Bertempat di Hotel Avara Gajahmada  LPMP Kalbar mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Data Mutu Tahun 2021, mulai tanggal 18 s.d 20 Oktober 2021 Data Pokok Pendidikan, yang selanjutnya disingkat Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang diperbaharui (update) secara online sesuai dengan kebutuhan sekolah paling sedikit 2 kali dalam 1 tahun. Data hasil dari implementasi Aplikasi Dapodikdasmen di sekolah sudah dimanfaatkan untuk berbagai kebijakan di Kemendikbud salah satunya digunakan untuk kepentingan pendidikan berbasis zonasi, e-rapor, penjaminan mutu pendidikan dan Alpikasi RKAS dan berbagai aplikasi yang terintegrasi dengan Aplikasi Dapodikdasmen. Ini merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LPMP Kalimantan Barat Bapak Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si. dengan Narasumber dari LPMP Kalimantan Barat. Diharapkan Kegiatan ini Menghasilkan rapor  mutu  data  mutu  pendidikan  yang  lebih  terperinci  di  satuan  pendidikan kabupaten/kota dan provinsi Kalimantan Barat,  permasalahan  dan  hambatan     pengisian  data  dapodik  di  satuan  pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Barat, dan Didapatkan masukan mengenai  pelaksanaan pengumpulan data mutu pendidikan di satuan pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam pengelolaan Dapodikdasmen ini masih ditemukan berbagai masalah di lapangan. Contohnya, helpdesk Dapodikdasmen masih terpusat di Kemendikbud sehingga kurang dapat menjangkau satuan pendidikan pengguna Dapodikdasmen. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota belum mampu menjawab persoalan seputar Dapodikdasmen di tingkat daerah masing-masing. Di samping itu, ada arahan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa di setiap Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Indonesia agar ada layanan Unit Layanan Terpadu (ULT) sebagai representasi Kemendikbud yang salah satu tugasnya yaitu sebagai helpdesk Dapodikdasmen.

Read 217 times Last modified on Kamis, 21 Oktober 2021 09:40

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.