Rabu, 17 November 2021 08:19

548 Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Ikuti Ajang Kreasi dan Apresiasi Hari Pahlawan 2021

Written by
Rate this item
(0 votes)

Jakarta, 17 November 2021 --- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional menyelenggarakan Ajang Kreasi dan Apresiasi Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK). Ajang kreasi dan apresiasi yang diselenggarakan secara daring sejak 1 November 2021 ini, diikuti oleh 548 peserta didik pada satuan pendidikan khusus jenjang SDLB, SMPLB, dan SMALB, serta satuan pendidikan penyelenggaran pendidikan inklusif.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya pengembangan prestasi PDBK pada peringatan Hari Pahlawan. “Kami ingin memberikan kesempatan yang lebih luas kepada PDBK untuk mengembangkan talenta dan mengukir prestasi dengan beberapa materi lomba yang disesuaikan dengan tema kepahlawan untuk memberikan motivasi nilai-nilai kepahlawan kepada PDBK yaitu sikap dan perilaku yang dilandasi dengan sifat-sifat berani, jujur, dan pantang menyerah,” terang Asep Sukmayadi saat dihubungi di Jakarta, pada Rabu (17/11).

Di samping itu, AKA-PDBK Hari Pahlawan juga diselenggarakan untuk meningkatkan kemandirian dan kebugaran peserta didik berkebutuhan khusus dalam mengembangkan potensinya baik itu pada bidang vokasi, literasi, seni, dan budaya. “Diharapkan menghasilkan talenta-talenta yang unggul, dan kedepanya prestasi ini terus ditingkatkan sampai pada prestasi tingkat internasional,” ujar Asep.

Terdapat enam ragam yang dikompetisikan pada AK-PDBK Hari Pahlawan tahun 2021. Pertama, ajang kreasi fotografi luar ruangan yang diikuti oleh 73 peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunarungu/tunagrahita/tunadaksa/autis pada satuan pendidikan SMPLB/SMALB/sederajat. Kedua, ajang kreasi bercerita kisah kepahlawanan yang diikuti oleh 26 peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan celebral palsy/down syndrome pada satuan pendidikan SDLB /sederajat. Ketiga, ajang kreasi mencipta lagu yang diikuti oleh 40 peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunanetra/tunarungu/tunadaksa/autis pada satuan pendidikan SDLB/SMPLB/SMALB/sederajat.
 
Keempat, ajang kreasi melukis karikatur wajah yang diikuti oleh 91 peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunarungu/tunadaksa/autis pada satuan pendidikan SDLB/SMPLB/SMALB/sederajat. Kelima, ajang kreasi dekorasi kue yang diikuti oleh 60 peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunarungu/tunadaksa/autis pada satuan pendidikan SMPLB/SMALB/sederajat. Keenam, ajang kreasi fashion show yang diikuti oleh 258 peserta didik putra/putri dengan jenis kekhususan tunagrahita/down syndrome pada satuan pendidikan SDLB/SMPLB/SMALB/sederajat .

Penganugerahan apresiasi akan diumumkan pada 18 November 2021, diawali dengan kegiatan Bincang Prestasi “Menjadi Pahlawan Masa Kini untuk Indonesia Tangguh” secara daring. Bincang Prestasi ini akan diisi oleh narasumber terkemuka yaitu Gol A Gong dari Duta Baca Indonesia, Bang Dzoel  sebagai fotograper, Muhammad Ade Irawan sebagai musisi, Iqbal Noor Fasya Hafidz sebagai juara pertama lomba Tata Boga LKSN PDBK 2021, dan Moch. Syahrul, juara pertama lomba lukis FLS2N PDBK 2020.

Read 27 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.