Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS LPMP

Melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di Provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

 

FUNGSI LPMP

  1. Pemetaan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    1. Melakukan penyusunan bahan pemetaan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    2. Melakukan analisis hasil pemetaan mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    3. Melakukan penyusunan bahan rekomendasi hasil pemetaan mutu dan supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah kepada unit kerja/instansi terkait dan pemangku kepentingan lainnya; 
    4. Melakukan evaluasi pelaksanaan pemetaan mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    5. Melakukan penyusunan laporan hasil pemetaan mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
  1. Pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    1. Melakukan pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    2. Melakukan penyiapan perangkat sistem informasi pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    3. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    4. Melakukan validasi data dan informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    5. Melakukan penyajian dan penyebarluasan data dan informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
    6. Melakukan pemeliharaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
  1. Supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    1. Melakukan penyusunan bahan supervisi mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    2. Melakukan analisis hasil supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    3. Melakukan penyusunan bahan rekomendasi hasil supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah kepada unit kerja/instansi terkait dan pemangku kepentingan lainnya; 
    4. Melakukan diseminasi hasil supervisi kepada pemerintah daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota serta pemangku kepentingan lainnya;
    5. Melakukan evaluasi pelaksanaan supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    6. Melakukan penyusunan laporan hasil supervisi satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
  1. Fasilitasi peningkatan mutu pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan;
    1. Melakukan penyusunan bahan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
    2. Melakukan pemberian layanan, bimbingan, dan bantuan teknis implementasi standar nasional pendidikan;
    3. c. Melakukan evaluasi pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan;
    4. Melakukan penyusunan laporan fasilitasi peningkatan mutu pendidikan;
  1. Pelaksanaan kerja sama di bidang penjaminan mutu pendidikan; dan
    1. Melakukan penyusunan bahan kerja sama peningkatan mutu pendidikan;
    2. Melakukan kerja sama peningkatan mutu pendidikan dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
  1. Pelaksanaan urusan administrasi LPMP.
    1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan konsep program kerja LPMP;
    2. Melakukan penyusunan rencana, program, kegiatan, sasaran, dan anggaran LPMP;
    3. Melakukan urusan verifikasi dan pengesahan dokumen pencairan anggaran LPMP;
    4. Melakukan urusan pembayaran belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, dan pembayaran lainnya serta penyusunan bahan usul penghentian pembayaran gaji pegawai;
    5. Melakukan urusan pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan LPMP;
    6. Melakukan administrasi penerimaan negara bukan pajak di lingkungan LPMP;
    7. Melakukan penyusunan bahan penyelesaian kerugian negara di lingkungan LPMP penyelesaian kerugian negara;
    8. Melakukan penyusunan bahan usul formasi dan rencana pengembangan pegawai LPMP;
    9. Melakukan penyusunan bahan usul penerimaan, pengangkatan, penempatan, kepangkatan, pemindahan, pemberhentian dan pemensiunan pegawai serta mutasi lainnya di lingkungan LPMP;
    10. Melakukan urusan pengembangan, disiplin, dan usul pemberian penghargaan pegawai LPMP;
    11. Melakukan penyusunan data dan informasi kepegawaian, penilaian prestasi/kinerja pegawai, dan administrasi kepegawaian lainnya di lingkungan LPMP;
    12. Melakukan pengadministrasian penilaian angka kredit jabatan fungsional di lingkungan LPMP;
    13. Melakukan penyusunan bahan fasilitasi penilaian angka kredit jabatan fungsional Guru Madya pangkat Pembina Tingkat I golongan IV/b sampai dengan Guru Utama pangkat Pembina Utama golongan IV/e di daerah provinsi wilayah kerjanya;
    14. Melakukan penyiapan usul pegawai yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan, ujian dinas, ujian penyesuaian ijazah, izin belajar, dan tugas belajar;
    15. Melakukan penyusunan usul pembuatan kartu pegawai, kartu isteri/kartu suami, asuransi kesehatan, tabungan asuransi pensiun, tabungan perumahan, dan dokumen kepegawaian lainnya;
    16. Melakukan penyusunan bahan analisis organisasi, analisis jabatan, analisis beban kerja, dan penyusunan peta jabatan LPMP;
    17. Melakukan penyusunan bahan peta bisnis proses, sistem dan prosedur kerja, dan standar pelayanan di lingkungan LPMP;
    18. Melakukan penerimaan, pencatatan, dan pendistribusian surat masuk dan surat keluar;
    19. Melakukan urusan penataan, pemeliharaan, dan usul penghapusan arsip;
    20. Melakukan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarakat serta dokumentasi kegiatan di lingkungan LPMP;
    21. Melakukan pengelolaan perpustakaan dan poliklinik LPMP;
    22. Melakukan urusan keprotokolan, upacara, penerimaan tamu, dan rapat dinas pimpinan;
    23. Melakukan urusan keamanan, ketertiban, kebersihan, dan keindahan di lingkungan LPMP;
    24. Melakukan urusan pengaturan penggunaan peralatan kantor, kendaraan dinas, dan gedung kantor serta sarana dan prasarana lainnya di lingkungan LPMP;
    25. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan, pengadaan, dan penyimpanan sarana dan prasarana LPMP;
    26. Melakukan urusan pendayagunaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan usul penghapusan barang milik negara LPMP;
    27. Melakukan penyusunan laporan keuangan di lingkungan LPMP;
    28. Melakukan evaluasi pelaksanaan rencana, program, kegiatan, sasaran, dan anggaran LPMP;
    29. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
    30. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan konsep laporan LPMP.

Cetak   E-mail