Rabu, 24 Oktober 2018

Dengan pertimbangan menjalankan mandat Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Permendikbud No. 59 Tahun 2016 tentang Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan LPMP serta dengan mempertimbangkan kondisi pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat, kerangka kerja logis yang dibangun untuk melaksanakan penjaminan mutu pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat, dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh LPMP Kalimantan Barat, maka disusun Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Strategis sebagai berikut.

VISI

Terlaksananya  Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
di Provinsi Kalimantan Barat yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong

 

MISI

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut di atas, maka misi LPMP Kalimantan Barat adalah :

  1. Memberikan layanan penjaminan mutu satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sesuai standar nasional pendidikan.
  2. Memberikan layanan peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sesuai standar nasional pendidikan.
  3. Meningkatkan layanan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
  4. Meningkatkan kapasitas lembaga dalam memberikan layanan penjaminan mutu pendidikan.

 

TUJUAN STRATEGI

Dalam rangka mencapai visi dan misi LPMP Kalimantan Barat seperti yang dikemukakan di atas, maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals). Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi LPMP Kalimantan Barat, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah :

  1. Meningkatnya nilai capaian SNP satuan pendidikan dasar dan menengah di Provinsi Kalimantan Barat:
  2. Meningkatnya kualitas tata kelola LPMP Kalimantan Barat

Untuk melihat secara lebih konkrit ketercapaian tujuan strategis tersebut perlu ditetapkan ukuran indikator tujuan tersebut secara kuantitatif. Dalam rancangan lima tahun ke depan, indikator kinerja tujuan strategis diukur dengan Persentase satuan pendidikan yang mencapai kategori menuju SNP 4 pada tahun 2019 ditargetkan sejumlah 80% dari seluruh satuan pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat dan skor SAKIP ditargetkan 80 pada tahun 2019 dengan capaian daya serap 98%.

 

SASARAN STRATEGI

Tujuan strategis tersebut kemudian dijabarkan dalam 5 (lima) sasaran strategis sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu 2015-2019. Sasaran strategis tersebut adalah :

  1. Meningkatnya penjaminan mutu pendidikan diseluruh jenjang pendidikan
  2. Terwujudnya tata kelola LPMP Kalimantan Barat yang baik