Jumat, 16 April 2021 14:20

Pelatihan Google Workspace for Education

Written by Rita
Rate this item
(0 votes)

Dalam rangka mendukung Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah meluncurkan Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id untuk satuan pendidikan (peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan), Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Pelatihan Google Workspace For Education. Akun pembelajaran merupakan fasilitas yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik yang tersedia dalam Google Workspace for Education serta aplikasi pembelajaran lainnya, dan dapat diaktifkan oleh sekolah paling lambat tanggal 30 Juni 2021.
Pelatihan Google Workspace for Education dilaksanakan pada tanggal 12 -14 April 2021, pukul 09.00 – 12.00 melalui Google Meet dan Youtube, dibuka oleh Plt. Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Barat, Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si, dan dipandu oleh Tim narasumber yang merupakan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP Provinsi Kalimantan Barat yang sekaligus merupakan Google Master Trainer yaitu Rita Darnila, Oktariana Dwi Wulandari, Syamsul Lailinnur dan Ahmad Hanafi. Kegiatan diikuti oleh 284 orang yang berasal dari unsur Kepala sekolah, guru, admin sekolah yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Pada kegiatan ini peserta diajak untuk belajar bersama tentang akun pembelajaran dengan domain belajar.id dan pemanfaatan aplikasi yang terdapat dalam Google Workspace for Education antara lain Gmail, Grup, Google Chat, Google Kalender, Google Classroom, Google meet, Google Drive, Google Doc, Google Sheet, Google Slide, Google Form dan Internet Citizenship.
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Program Jarimanis (Belajar Daring Mandiri dan Dinamis) yang diprakarsai oleh Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka mendukung program digitalisasi sekolah. Pada kegiatan ini peserta mendapat fasilitas Sertifikat 32 JP dengan persyaratan mengikuti kegiatan, menyelesaikan tugas dan melakukan pengimbasan ke sekolah. Melalui kegiatan ini diharapkan pendidik dapat memanfaatkan akun pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dimasa pandemi covid maupun dimasa normal. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, LPMP Provinsi Kalimantan Barat, Google For Education dan Refo Indonesia.

 

Read 76 times Last modified on Jumat, 16 April 2021 14:33

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.