Minggu, 23 Mei 2021 20:26

Kemitraan Dan Implementasi Program Kerjasama Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021

Written by
Rate this item
(0 votes)

Dalam rangka mendorong pemerataan mutu pendidikan dan mencari solusi atas permasalahan dan tantangan pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat, maka LPMP Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Kegiatan Kemitraan dan Implementasi Kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan 7 Kabupaten/Kota (Kota Pontianak, Kab. Kubu Raya, Kab. Sintang, Kab. Ketapang, Kab. Mempawah, Kab. Sambas dan Kab. Kayong Utara) pada tanggal 20 – 22 Mei 2021 Hotel Gajahmada Pontianak.
Kegiatan Kemitraan dan Implementasi Kerjasama dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Sugeng Hariyadi, dilanjutkan dengan paparan program dan kebijakan BP PAUD Dikmas dan LPMP Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan Kemitraan difokuskan pada pemenuhan sarana prasarana internet untuk menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan, dihadirkan beberapa narasumber yang berkompeten yaitu :
1.    PT Telekomunikasi TBK Bapak Eka Rahardja Zaibi, memaparkan tentang Penguatan Infrastruktur TIK-sekolah masa depan
2.    Pusdatin - Bapak Aris dan Ibu Hairun Nisa yang memaparkan tentang Kebijakan dan Program Pusdatin dalam rangka Implementasi Merdeka Belajar
3.    Ditjen PAUD Dikdas Dikmen, Bapak Katman yang memaparkan tentang Penguatan sarana telekomunikasi dan konektivitas digital  untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
4.    Edi Rasni, Tim Pemetaan LPMP Provinsi Kalimantan Barat yang memaparkan tentang Pemetaan kemampuan sarana telekomunikasi satuan pendidikan di Kabupaten/Kota.

Kemitraan antara LPMP Provinsi Kalimantan Barat dengan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam pemenuhan sarana prasarana penunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu  :
1.    Pemetaan kemampuan sarana telekomunikasi perwilayah berdasarkan geografis dan demografis  (menyandingkan antara Dapodik dan data dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten/Kota, sehingga diperoleh pemetaan wilayah per Kabupaten/Kota)

2.    Analisis Kebutuhan penguatan sarana per-wilayah dan potensi lokal yang dapat dijadikan mitra (PT Telkom, Pusdatin, Kominfo dan penyedia/jenis telekomunikasi yang sesuai)

3.    Advokasi/Pendampingan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka implementasi program penguatan sarana PJJ untuk menjalin kemitraan dengan pihak yang relevan

4.    Pelaksanaan Kemitraan dan implementasi program kerjasama.

Kegiatan Kemitraan dan Implementasi Kerjasama yang dilaksanakan ini merupakan salah satu layanan LPMP Provinsi Kalimantan Barat melalui Program “Mitra Khatulistiwa” yang akan diluncurkan pada tanggal 31 Mei 2021. “Mitra Khatulistiwa” menyediakan berbagai inovasi dari LPMP Provinsi Kalimantan Barat, yang dapat  dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat untuk saling bekerjasama dan bersinergi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Kalimantan Barat.


#Kemendikbudristek#lpmpprovkalbar#Unitlayananterpadu#PertahankanWBK #RaihWBBM #IkhlasMelayani #TolakGratifikasi #BeraniJujurHebat #BersamaKitaBisa #Ciptakan Inovasi#kemitraan#

Read 164 times Last modified on Minggu, 23 Mei 2021 20:33

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.