Senin, 24 Mei 2021 14:35

Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan Melalui Daring Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021

Written by
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - LPMP Kalbar - Sebagai upaya mensosialisasikan berbagai kebijakan penjaminan mutu pendidikan di provinsi Kalimantan Barat, maka LPMP Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi penjaminan mutu pendidikan melalui daring provinsi Kalimantan Barat tahun 2021 kepada seluruh stakeholder terkait di provinsi Kalimantan Barat.
Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2021 diikuti oleh unsur kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari 14 kabupaten kota, kepala bidang pendidikan dasar dan menengah, kepala sekolah sebagai ketua KKKS, MKKS SMP, MKKS SMA/SMK, koordinator pengawas sekolah, BP PAUD Dikmas Provinsi Kalimantan Barat, BAN S/M Provinsi Kalimantan Barat dan LPMP Provinsi Kalimantan Barat.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Sugeng Hariadi, M.M. Dalam sambutan dan pemaparannya, Sugeng Hariadi menjelaskan bagaimana kebijakan pemerintah provinsi Kalimantan Barat dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid 19 di Kalimantan Barat.
Dijelaskan, ada lima kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), yaitu terkait  pelaksanaan Ujian Sekolah, Kenaikan Kelas, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB),  Dana Bantuan, dan proses Belajar di Rumah. Sugeng juga mengutarakan bahwa kunci pembelajaran daring terletak pada kemampuan guru memanfaatkan teknologi, pelaksanaan pembelajaran terencana dan efektif, menyatukan persepsi dan konsentrasi siswa, dan penguatan karakter siswa.
Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Barat, Asep Sukmayadi, S.Ip, M.Si juga menyampaikan kebijakan kementerian pendidikan dan kebudayaan, riset dan teknologi dalam penjaminan mutu pendidikan. Asep Sukmayadi menginformasikan berbagai pokok kebijakan penjaminan mutu pendidikan melalui kebijakan merdeka belajar, diantaranya program sekolah dan guru penggerak, transformasi dana dikti, dan SMK sebagai pusat keunggulan. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan  visi pendidikan Indonesia dengan mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.
Dalam mempersiapkan tantangan dunia, maka komponen yang perlu dipersiapkan secara optimal meliputi: ekosistem, yaitu sekolah sebagai tempat yang menyenangkan, guru sebagai pemilik dan pembuat kurikulum, pedagogi dengan pembelajaran berorientasi pada siswa, kurikulum yang mengedepankan perkembangan teknologi dan berdasarkan kompetensi, serta sistem penilaian yang bersifat formatif/mendukung. Berbagai kebijakan diluncurkan dalam menghadapi beberapa isu krusial saat ini, antara lain mitigasi bahaya bullying, kekerasan, dan intensifikasi literasi media, pembelajaran tatap muka, Penerimaan Peserta Didik baru, dan Program sekolah penggerak.
Dalam kegiatan ini juga disampaikan kebijakan penjaminan mutu pendidikan yang digulirkan oleh LPMP Provinsi Kalimantan Barat  melalui  bidang pemetaan mutu  dan supervisi pendidikan. Kebijakan yang disampaikan koordinator pemetaan dan supervisi, Dra. Dwi Karyani, M.Pd, meliputi pemetaan mutu pendidikan berdasarkan capaian 8 SNP, dan di bidang sistem informasi terkait pemetaan kemampuan sarana telekomunikasi per wilayah, penguatan sarana per wilayah dan potensi lokal, dan advokasi dan implementasi program penguatan sarana PJJ.  Sementara di bidang fasilitasi, pengelolaan model, kemitraan dan penjaminan mutu pendidikan, disampaikan oleh Helda Rosida, S.Sos, antara lain berupa program sekolah penggerak, mitigasi resiko, PHBS, peningkatan kompetensi literasi dan numerasi, kemitraan dan kerjasama penjaminan mutu pendidikan. Berbagai kebijakan yang dijalankan berorientasi agar pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan tetap berjalan dengan baik di tengah tantangan global saat ini. (DS)
#Kemendikbudristek#lpmpprovkalbar#Unitlayananterpadu#PertahankanWBK#RaihWBBM#IkhlasMelayani#TolakGratifikasi#BeraniJujurHebat#BersamaKitaBisa#Ciptakan Inovasi#PMP#

Read 168 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.