Senin, 24 Mei 2021 14:37

Kurasi Inovasi Produk Dan Layanan LPMP Provinsi Kalimantan Barat 2021

Written by
Rate this item
(0 votes)

Kini inovasi adalah tuntutan setiap instansi. Inovasi mengandung unsur kebaruan, kemudahan dan kecepatan. Instansi yang menghadirkan inovasi akan lebih dekat dengan mitra atau pelanggannya. Instansi yang tak mempunyai inovasi akan dijauhi, perlahan akan mati, tinggal kenangan tanpa arti.
Hal-hal baru yang ada dalam inovasi perlu sosialisasi. Seluruh sumber daya manusia (SDM) di setiap instansi perlu mengetahui dan memahami. Sehingga setiap SDM mempunyai kepercayaan diri untuk beradaptasi mengenai berbagai produk dan layanan yang sesuai dengan situasi dan kondisi terkini.
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Barat tidak mau ketinggalan. Tekad untuk meraih Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) terus diperjuangkan. Salah satunya melalui kegiatan Kurasi Inovasi Produk dan Layanan. Kurasi merupakan kegiatan pengumpulan, pengidentifikasian dan penilaian mengenai kepantasan, kelayakan dan kemanfaatan produk dan layanan.
Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2021, kegiatan dilaksanakan di ruang Teleconference. Kegiatan dihadiri 17 orang yang terdiri dari perwakilan staf dan fungsional sebagai inovator. Kegiatan diawali dari inisiasi, pengumpulan ide dan gagasan dari setiap karyawan. Selanjutnya adalah aksi pendokumentasian dan pengemasan. Outputnya adalah produk dan layanan yang siap diujicobakan dan diluncurkan. Meski beberapa inovasi masih dalam tahap gagasan, namun telah banyak inovasi dalam tahap rintisan dan pelaksanaan.
Setiap inovator mempresentasikan inovasi yang telah diajukan dan dibuat. Panelis yang terdiri dari plt. kepala, koordinator fungsi dan ketua satuan pengawas intern (SPI) melakukan penilaian dengan mengacungkan skor dan memberi saran serta masukan untuk perbaikan setiap inovasi yang telah dihasilkan.
Dari 22 inovasi yang berhasil diidentifikasi dan didokumentasikan akhirnya terpilih 17 inovasi yang layak untuk disosialisasikan, diimbaskan dan dilanjutkan. Masukan dan saran panelis agar setiap inovator mengawal inovasi dengan semangat. Kerjakan, kelola dan kembangkan dengan tekad bulat. Antar inovator dan staf lain juga perlu meningkatkan komunikasi. Bisa jadi akan lahir inovasi-inovasi baru yang selama ini tidak terfikirkan. Bisa jadi setiap inovasi bisa dilebur, disatukan sehingga saling menyempurnakan sehingga menjadi produk dan layanan yang efektif dan efisien.     
Di akhir kegiatan, plt. kepala LPMP Provinsi Kalimantan Barat berpesan bahwa seluruh inovasi produk dan layanan ini harus terus diperjuangkan. Soliditas perlu ditingkatkan. Tantangan perlu diberdayakan. Ide dan gagasan perlu dikomunikasikan. Sejatinya inovasi adalah gotong royong yang perlu didukung dengan kesungguhan. Kita harus yakin bahwa setiap inovasi akan memberi kemanfaatan. Misinya tidak hanya untuk kepentingan internal, tetapi bisa diimbaskan dan diadopsi oleh mitra dan siapa saja yang membutuhkan di tingkat lokal, regional dan bahkan nasional. (kim)
#Kemendikbudristek#lpmpprovkalbar#Unitlayananterpadu#PertahankanWBK #RaihWBBM#IkhlasMelayani #TolakGratifikasi #BeraniJujurHebat #BersamaKitaBisa#Ciptakan Inovasi#

Read 166 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.