Senin, 31 Mei 2021 14:54

Innovation Day Mitra Khatulistiwa LPMP Provinsi kalimantan Barat

Written by Ay&kim
Rate this item
(0 votes)

Pontianak - LPMP Kalbar - Mitra Khatulistiwa merupakan inisiasi dan rintisan inovasi dalam menjalin kemitraan strategis antara LPMP Provinsi Kalimantan Barat dengan berbagai mitra yang mempunyai visi dan misi yang sama memajukan pendidikan di daerah dalam bentuk advokasi, fasilitasi, pendampingan dan pengembangan model pembelajaran. Mitra Khatulistiwa menghimpun, mengidentifikasi dan melahirkan inovasi produk dan layanan LPMP Provinsi Kalimantan Barat.

Mitra Khatulistiwa menjadi basis peta mutu pendidikan sekaligus penghubung terwujudnya satu data pendidikan yang akurat dan valid. Mitra Khatulistiwa membangun kesepahaman dengan mitra untuk bergotong royong meningkatkan mutu pendidikan di Kalimantan Barat. Mitra Khatulistiwa memfasilitasi terbangunnya budaya kerjasama dan kemitraan antara LPMP Provinsi Kalimantan Barat dengan pemerintah daerah. Mitra Khatulistiwa menawarkan peluang kolaborasi sekaligus solusi dalam setiap keterbatasan menjadi peningkatan serta penjaminan mutu pendidikan.

Mitra Khatulistiwa didukung oleh pemetaan kebutuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Selain sebagai kesiapan dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) di masa mendatang, pemenuhan kebutuhan TIK di sekolah adalah tantangan sekaligus peluang yang harus segera diwujudkan di setiap daerah. Hal ini selaras dengan semangat Kemdikbud mengenai Merdeka Belajar khususnya dalam kemudahan, percepatan dan pemerataan akses pendidikan.

Data yang valid dan akurat perlu dihadirkan. Data mengenai sumberdaya pendidikan yang terkait dengan kelengkapan, kesiapan infrastruktur serta jaringan. Selanjutnya dari data yang valid akan mudah mendeteksi sekolah yang perlu segera diinspeksi dan kemudian dilengkapi. Kepedulian perlu segera dilaksanakan. Karena kemitraan adalah jalan keluar untuk mengatasi kesenjangan. Kemitraan strategis yang menjembatani antara daerah dan pemerintah pusat akan hadirnya solusi yang kreatif dan inovatif.

Dalam kegiatan ini juga diluncurkan berbagai produk dan inovasi LPMP Provinsi Kalimantan Barat yang diklasifikasikan dalam kategori tahap gagasan, kategori rintisan dan kategori yang telah diimplementasikan. Penganugerahan penghargaan kepada pegawai sekaligus inovator di setiap kategori memeriahkan kegiatan ini. Penampilan LPMP Akustik dengan menyanyikan lagu-lagu daerah menambah acara semakin meriah.

Namun demikian protokol kesehatan tetap menjadi prioritas untuk diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan hingga tuntas. Tersedianya tempat cuci tangan, handsanitizer, pemakaian masker, jaga jarak antar undangan dan pembatasan jumlah undangan yang hadir di dalam ruang menjadi prosedur standar operasional yang kami lakukan.

Semoga kegiatan ini menjadi cikal bakal pembangunan pendidikan yang berkelanjutan. Yaitu pendidikan yang benar-benar memerdekakan setiap insan. Tidak saja di kota tapi juga sampai ke pedesaan dan perbatasan. Terima kasih kepada mitra atas kerjasama yang baik. Semoga kita bisa terus bersinergi dan berkontribusi dalam memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan di Kalimantan Barat.

Berani Beraksi, Berani Berinovasi. Bersama Kita Bisa. (kim)



#Kemendikbudristek#lpmpprovkalbar#Unitlayananterpadu#PertahankanWBK #RaihWBBM#IkhlasMelayani#TolakGratifikasi#BeraniJujurHebat#BersamaKitaBisa#Ciptakan Inovasi#kemitraan#

Read 39 times Last modified on Rabu, 09 Jun 2021 11:03

Media

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.